Bola

Preview: Liverpool vs Manchester City, Saatnya “Si Merah” menjauh

Padang, Prokabar – Liga Premier Inggris, pekan ini menjadi sangat panas. Ditandai big match Liverpool vs Manchester City. Pertarungan tim peringkat satu dan dua klasemen ini, menjadi sangat krusial, karena bisa jadi akan menjadi penentu juara Liga Inggris musim ini.

Bagi Liverpool, laga di Anfield Stadium, Minggu (10/11) malam WIB ini, adalah kesempatan untuk menjauh dari kejaran Manchester City. Bagi City, ini adalah peluang terbaik untuk memangkas jarak dengan The Reds menjadi tiga poin.

Liverpool saat ini memiliki keunggulan enam poin atas City. Namun, Liverpol tentu tak mau terlena dan main santai dalam clash dengan dengan sang rival nanti. Liverpool siap bertarung untuk merebut kemenangan dan meninggalkan The Citizens dengan selisih sembilan poin.

Liverpool siap habis-habisan. Indikasinya terlihat ketika sang manajer Jurgen Klopp mengistirahatkan beberapa langganan starter-nya saat mengalahkan KRC Genk di Liga Champions tengah pekan. Trio Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah siap main dari menit awal.

Sementara itu, Josep Guardiola dari kubu City pasti sedikit pusing karena pemainnya bertumbangan. Di Liga Champions tengah pekan kemarin, ketika imbang 1-1 melawan tuan rumah Atalanta, Ederson mengalami cedera. Kyle Walker sampai jadi kiper dadakan. Melawan Liverpool, Ederson diragukan bisa tampil mengawal gawang timnya.

Tak cukup sampai di situ, City juga kehilangan David Silva, Leroy Sane, Aymeric Laporte, Rodrigo, dan Oleksandr Zinchenko.

Namun, City masih punya skuad yang cukup kuat. Raheem Sterling dan Sergio Aguero di lini depan, juga Kevin De Bruyne di lini tengah, siap memberikan kemampuan terbaiknya. Mereka tahu, jika City sampai kalah di sini, maka Liverpool bakal semakin sulit dikejar.

The Reds hanya kehilangan dua poin di liga sepanjang musim ini, tetapi mereka terlihat jauh dari tak terkalahkan saat ini. Liverpool telah diberkati dengan keberuntungan dalam kemenangan tipis melawan Aston Villa, Tottenham Hotspur, Leicester City dan Southampton dan agak beruntung pulang dari Old Trafford dengan membawa satu poin. Sepuluh kemenangan dari sebelas pertandingan adalah penghargaan yang layak untuk mentalitas kemenangan mereka saat ini.

Manchester City tak boleh diremehkan. The Citizens mungkin terpaut enam poin, tetapi mereka masih memenangkan 73 persen pertandingan mereka musim ini dan telah mencetak 34 gol dalam 11 laga.

Kekalahan melawan Wolves dan Norwich menjadi kejutan besar bagi skuad asuhan Pep Guardiola, tetapi mereka jarang gagal mendapatkan hasil melawan tim-tim besar. Catatan Manchester City menunjukkan bahwa mereka hanya satu kali kalah dalam 11 pertandingan liga terakhir mereka melawan beberapa tim besar di Premier League (Liverpool, Tottenham Hotspur, Chelsea, Arsenal dan Man United).

Musim lalu laga Man City vs Liverpool berakhir imbang tanpa gol di Anfield, namum sejarah pada umumnya menunjukkan pertemuan antara kedua tim berakhir dengan skor tinggi. Lebih dari 2,5 gol telah tercipta dalam enam dari delapan pertemuan terakhir dan kedua tim telah mencetak gol dalam lima dari delapan pertemuan mereka.

Pertahanan Liverpool musim ini tampaknya tidak sekuat musim lalu. The Reds hanya mencatatkan tiga clean sheet dalam 18 pertandingan kompetitif mereka musim ini, dan tidak ada yang didapat saat bermain di Anfield. Pendukung The Reds belum menyaksikan tim kesayangan mereka membukukan clean sheet di Anfield musim ini, dan mereka menghadapi Manchester City yang telah mencetak gol di semua kecuali satu dari 18 pertandingan mereka.

Terakhir kali Manchester City gagal mencetak gol di laga tandang di liga adalah 11 bulan lalu di Stamford Bridge, meskipun mereka sendiri telah kebobolan lebih dari setengah pertandingan kompetitif mereka musim ini. Dengan ketujuh pertandingan kandang Liverpool dan enam dari delapan pertandingan tandang Manchester City menghasilkan tiga atau lebih gol.

Perkiraan Susunan pemain
Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Wijnaldum, Henderson; Salah, Firmino, Mane.
Pelatih: Jurgen Klopp.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Fernandinho, Mendy; De Bruyne, Gundogan, Bernardo Silva; Sterling, Aguero, Mahrez.
Pelatih: Josep Guardiola.

5 Pertemuan Terakhir
04-08-2019 Liverpool 1-1 City (Community Shield)
04-01-2019 City 2-1 Liverpool (EPL)
07-10-2018 Liverpool 0-0 City (EPL)
11-04-2018 City 1-2 Liverpool (UCL)
05-04-2018 Liverpool 3-0 City (UCL).

5 Pertandingan Terakhir Liverpool (M-M-S-M-M)
24-10-2019 Genk 1-4 Liverpool (UCL)
27-10-2019 Liverpool 2-1 Tottenham (EPL)
31-10-2019 Liverpool 5-5 Arsenal (Carabao Cup)
02-11-2019 Aston Villa 1-2 Liverpool (EPL)
06-11-2019 Liverpool 2-1 Genk (UCL).

5 Pertandingan Terakhir City (M-M-M-M-S)
23-10-2019 City 5-1 Atalanta (UCL)
26-10-2019 City 3-0 Aston Villa (EPL)
30-10-2019 City 3-1 Southampton (Carabao Cup)
02-11-2019 City 2-1 Southampton (EPL)
07-11-2019 Atalanta 1-1 City (UCL).(*/Mht)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top