Nasional

Presiden Lantik Gubernur dan Wagub Riau yang Baru

Jakarta, Prokabar — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Syamsuar dan Edy Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Riau periode 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/2).

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20/P Tahun 2019 tentang Pengesahan, Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masa jabatan tahun 2019-2024, yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat  Negara Cecep Sutiawan.

Usai pembacaan Surat Keputusan Presiden, dilakukan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden, dan dilanjutkan penandatanganan berita acara upacara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masa jabatan 2019-2024 secara berurutan.

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang diawali oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, diikuti oleh tamu undangan lainnya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Sebagaimana diketahui pasangan Syamsuar dan Edy Nasution menjadi pemenang dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau, Juni 2018. Pasangan ini meraih 799.289 suara atau 38,20 persen menyisihkan 3 (tiga) pasangan lainnya.

Sebelum dilantik secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, H. Syamsuar dan H. Edy Nasution mengikuti Upacara Penyerahan Petikan Keputusan Presiden kepada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan Tahun 2019-2024, di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Presiden yang didampingi oleh Wakil Presiden menyerahkan petikan keputusan presiden secara berturut-turut kepada calon gubernur Riau dan Wakil gubernur. Usai memberikan penghormatan kepada Presiden dan Wakil  Presiden, calon gubernur dan wakil gubernur menuju halaman samping Istana Merdeka.

Selanjutnya, Presiden dan Wakil Presiden serta calon gubernur dan wakil gubernur Riau diiringi oleh Paspampres dan korps musik Paspampres melakukan Kirab Kehormatan dari Istana Merdeka menuju Istana Negara melewati jalan halaman samping Istana Merdeka. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top