Musik

Pertama Kalinya! Event Besar ‘Balkonjazz Festival’ Diselenggarakan Di Desa

Jakarta, Prokabar – Biasanya event besar selalu diadakan di tempat yang strategis misalnya di pusat perkotaan. Namun ‘Balkonjazz Festival’ ini justru diselenggarakan di perkampungan yaitu di Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

‘Balkojazz Festival’ merupakan sebuah pesta perayaan dua tahun berdirinya program Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Acara ini akan diselenggarakan satu hari penuh pada 14 September mendatang.

Sajian menarik akan disuguhkan secara khusus untuk masyarakat Indonesia. Sekaligus menarik wisatawan asing untuk merasakan sensasi pesta rakyat yang tiada duanya.

“Balkondes ini merupakan program luar biasa dari kementerian BUMN. Tiga tahun sudah digulirkan ibu menteri. Dimana ada sekian puluh dusun di 20 Desa di Kecamatan Borobudur, Magelang yang masyarakatnya miskin. Padahal daerah tersebut merupakan potensi wisata karena ada Candi Borobudur,” beber Direktur PT Manajemen CBT Nusantara (MCN), Jatmika Budi Santoso.

Latar belakang inilah yang membuat Kementerian BUMN menumbuhkan perekonomian pedesaan melalui sektor pariwisata. Yaitu dengan mendirikan balai ekonomi dan homestay yang dikelola secara langsung oleh masyarakat yang berada di sekitaran kawasan Candi Borobudur.

Sebagai apresiasi kepada masyarakat sekitar dan juga bertujuan menarik perhatian wisata asing, ‘Balkonjazz Festival’ diselenggarakan.

“Acara ini adalah bisa menghibur masyarakat lokal, bisa punya kebanggaan ada event di desa. Yang hadir bukan hanya orang sekitar tapi dari luar juga,” ujar Jatmika menambahkan.

Sebagai inisiator sekaligus Direktur Balkonjazz Festival, Bakkar Wibowo dari Sinergi Nusantara terlibat dalam kesuksesan acara nanti.

“Konsepnya nanti ada jejeran pasar menuju panggung utama. Dimana pasar tersebut diisi oleh masyarakat sekitar untuk menjual hasil desanya seperti kopi, coklat dan aneka kuliner lainnya. Ini adalah treatment baru dimana event besar diselenggarakan di sebuah desa,” jelas Bakkar.

Sederet artis dan musisi akan hadir menghibur masyarakat seperti, Yura Yunita, Rio Febrian, Payung Teduh, Langit Sore, Tashoora, Nosstress, Frau dan Dialog Dini Hari.

Menurut Bakkar, seluruh talent yang terlibat wajib mempromosikan ekonomi desa dan kunjungan wisata. Sekaligus menunjukan potensi ekonomi desa di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah kepada masyarakat luas.

“Musisi dan artis hanya influencer yang mengenalkan potensi dari daerah sekitar Borobudur. Harapannya akan terjadi pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat lokal, khususnya bagi sekitaran daerah penyelenggara Balkonjazz. Festival ini turut mempromosikan vdesa wisata seputar Borobudur, sebagu destinasi baru,” beber Bakkar.

Kabar gembiranya lagi, bagi masyarakat yang ingin menikmati sajian Balkonjazz Festival bisa mengaksesnya secara gratis.

Informasi update tengang Balkonjazz Festival vbisa langsung mengunjungi website www.balkonjazz.com atau akun official Instagram Balkonjazz Festival di @balkonjazz.id. (beb)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top