Bola

Persita Tangerang dan Persik Kediri: Selamat Datang di Liga 1

Gianyar, Prokabar – Persita Tangerang dan Persik Kediri dipastikan promosi ke LIga 1 musim 2020, setelah lolos ke final Liga 2. Sementara, satu tiket lainnya akan diperebutkan oleh dua tim asal Sumatra, Sriwijaya FC dan Persiraja Banda Aceh.

Dalam laga semifinal yang digelar di Stadion I wayan Dipta Gianyar, Jumat (22/11), Persita Tangerang berhasil menaklukkan Sriwijaya FC secara dramatis lewat babak adu penalti, skor 3-2. Sedangkan Persik Kediri juga menang melalui drama adu penalti melawan Persiraja Banda Aceh, 5-4.

Dengan hasil itu, kedua tim lolos ke final Liga 2, sekaligus langsung promosi ke Liga 1. Sedangkan, play off memperebutkan tiket promosi ketihga, dua tim Sumatra akan “saling bunuh” antara Sriwijaya FC versus Persiraja Banda Aceh.

Laga antara Persita vs Sriwijaya FC berlangsung terbuka sejak menit awal.Peluang demi peluang pun berhasil diciptakan, namun masih mengalami kebuntuan. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Sriwijaya langsung tampil menggebrak. Tekanan demi tekanan yang mereka lancarkan masih bisa diredam para pemain Pendekar Cisadane.

Para pemain Persita pun terlihat kesulitan untuk mengembangkan permainan. Tapi, kedua tim tetap tak bisa mencetak gol hingga babak kedua berakhir. Pertandingan akhirnya harus dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu 2×15 menit.

Pada babak pertama perpanjangan waktu, Sriwijaya yang cukup menguasai permainan justru kehilangan satu pemain pada menit ke-103. Itu setelah, bek Bobby Satria terkena kartu kuning kedua lantaran dianggap melakukan pelanggaran keras di tengah lapangan.

Unggul jumlah pemain, Persita mencoba tampil lebih menekan. Namun hingga babak kedua perpanjangan waktu berakhir, tetap masih majal. Laga terpaksa dilanjutkan ke babak adu penalti.

Sriwijaya yang berkesempatan pertama untuk melakukan tendangan penalti gagal memaksimalkannya, setelah tendangan kapten tim Ambrizal berhasil ditepis Annas Fitranto. Sebaliknya, Diego Banowo yang menjadi algojo pertama Persita tendangannya gagal ditepis Galih Sudaryono.

Annas kembali melakukan tepisan gemilang setelah mampu membaca dengan baik sepakan pemain senior Zulkifli Syukur, yang mengarah ke sisi kiri gawang. Asri Akbar yang menjadi penendang kedua Persita juga gagal menuntaskan tugasnya dengan baik, setelah tendangannya ditepis Galih.

Sriwijaya akhirnya berhasil mencetak gol lewat adu penalti, setelah tendangan Airlangga Sutjipto berhasil mengelabui Annas. Skor 1-1. Aditya Gigis mampu membuat Persita kembali unggul setelah sepakannya tidak bisa diantisipasi Galih. Skor 2-1.

Yohanis Nabar yang menjadi eksekutor keempat kembali bisa membawa Sriwijaya menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Amarzukih dengan tenang berhasil menaklukkan Galih yang membuat Persita kembali unggul 3-2.

Nerius Alom yang menjadi penendang kelima Sriwijaya justru gagal mencetak gol, dan membuat babak adu penalti ini selesai. Persita pun menang dengan skor 3-2.

Persik berhasil menyusul Persita Tangerang untuk promosi ke Liga 1 musim depan. Persik menang adu penalti atas Persiraja Banda Aceh dengan skor, 5-4. Sama seperti laga semifinal pertama, di waktu reguler kedua tim juga bermain imbang 0-0 sampai perpanjangan waktu, sehingga harus diakhiri adu penalti juga.

Persik lebih beruntung, dan menang dalam babak tos-tosan ini. Setelah lima penendang pertama skor masih imbang 4-4, dilakukan penenandanmg tambahan. Setelah Husnuzon algojo Persiraja gagal, Wimba Sutan yang menjadi penendang tambahan Persik Kediri sukses menaklukan kiper Fakhrurrazi, dan memastikan Persik menang 5-4.(mht)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top