Dunia Perempuan

Perhatian Untuk Mom’s Jaman Now! Hindari Keluhan Capek di Rumah Sepulang Kerja. Begini Caranya Menurut Psikolog

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. (Foto : BEB/PROKABAR)

Jakarta, Prokabar – Emansipasi wanita berkarir diliuar kodratnya sebagai ibu rumah tangga, bukan lagi hal yang tabu. Meski begitu tetap saja sebagai wanita, urusan keluarga jadi nomor satu setelah aktivitas pekerjaan di luar rumah.

Seperti yang disampaikan psikolog, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Mom’s Jaman Now dilarang berkeluh kesah karena capeknya bekerja saat pulang ke rumah. “Mom’s dilarang mengeluh loh pulang kerja. Apalagi di depan anak-anak. Itu nggak boleh, dilarang,” tegas Vera yang saat itu ditemani pembawa acara parenting, Novita Angie di Four Season di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (24/7).

Dikatakan psikolog spesialis anak dan keluarga ini, Mom’s harus bisa berdamai dengan segala keluh kesah yang dirasakan sepulang kerja. Mengapa? “Karena keputusan menjadi wanita karir itu adalah pilihan. Mengapa memilih pekerjaan ini, berarti sudah mantap dengan segala resikonya,” tutur Vera.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. (Foto : BEB/PROKABAR)

Jika belum bisa berdamai dengan resiko yang dihadapi, Vera menganjurkan untuk tidak meneruskan kegiatan yang dibangun dengan keterpaksaan. “Hasilnya akan tidak baik. Bahkan bisa jadi keluarga terutama anak-anak jadi taruhannya,” ungkapnya.

Lalu bagaimana agar kedua tanggungjawab antara karir dan rumah tangga bisa sejalan beriringan? Vera menganjurkan ada kerjasama antara Mom’s dan suami untuk berbagi tugas agar anak-anak tak kehilangan sosok orangtua.

“Sepulang kerja apapun pekerjaan Mom’s harus ditinggalkan. Mom’s harus memerankan sebagai ibu dan istri di rumah dengan baik. Jangan salahkan anak-anak yang rewel ketika bertemu, karena mereka memang sudah memendam rindu seharian sama Mom’s. Berbahaya bila si anak malah cuek dan menggantikan orangtua dengan orang lain,” sarannya.

“Koordinasi dengan pasangan, bagaimana pembagian tugas selama membesarkan anak itu penting. Harus jelas seperti apa. Contohnya pembagian antar jemput anak. Atau waktu week end punya quality time dan sepakat untuk tidak mengambil pekerjaan,” tambahnya lagi.

Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo bersama Novita Angie di acara parenting. (Foto : BEB/PROKABAR)

Cara jitu agar suasana kerja, bad mood di kantor tak terbawa ke rumah, Vera menganjurkan Mom’s untuk meluangkan waktu sebentar saja keluar dari perannya sebagai wanita karir.

“Jadi setelah seharian bekerja, Mom’s bisa meluangkan waktu sejenak bertukar peran antara karir dan kembali menjadi ibu rumah tangga. Bisa ngeteh atau minum kopi sejenak, tapi jangan lama-lama ya. Jika sudah siap lepaskan peran karir dan kembali menjadi ibu anak-anak, semua masalah rewel, rumah berantakan nggak jadi beban buat Mom’s,” pungkasnya. (beb)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top