Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Penumpang Pesawat ke Jakarta Wajib Kantongi Hasil Swab PCR, Siap-siap Karantina 14 Hari Kalau Tidak Ada

Dibaca : 328

JAKARTA, prokabar – Seluruh warga daerah tampaknya akan kesulitan untuk menuju ke Jakarta, dalam beberapa hari kedepan. Sebab, untuk dapat tiba di Jakarta, setiap orang wajib memenuhi persyaratan yang diatur dalam Surat Edaran Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020.

Bagi warga yang akan ke Jakarta menggunakan jalur darat, harus dilengkapi dengan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan muatan kendaraan harus sesuai dengan aturan. Jika tidak, maka pelanggar akan diminta untuk putar balik.

Sementara bagi warga yang memilih menggunakan angkutan maskapai penerbangan, ada syarat tambahan selain SIKM. Para penumpang maskapai penerbangan diwajibkan untuk mengantongi hasil tes Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) secara mandiri di tempat asalnya.

“Memang yang kita minta adalah mereka sebelum berangkat itu harus sudah melakukan swab test. Jadi hasilnya bisa langsung dibawa sampai ke Jakarta menunjukkan itu bahwa bersih dari Covid,” kata Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Selasa (26/5).

Adapun, sanksi bagi penumpang pesawat yang tidak memenuhi persyaratan itu, akan dikarantina selama 14 hari di Gelanggang Olah Raga (GOR) Pademangan, Jakarta Utara. Oleh karenanya, Syafrin meminta agar warga memenuhi persyaratan tersebut sebelum berangkat ke Jakarta. “Ya tentu sesuai Pergub akan karantina 14 hari. Karantina di GOR pademangan, Jakarta,” ucapnya.

Syafrin berharap persyaratan tersebut sudah dipahami oleh penumpang maskapai penerbangan. Persyaratan itu akan resmi diberlakukan mulai hari ini, pukul 00.00 WIB. “Sosialisasi sudah sejak Senin, minggu lalu. Kemudian, hari ini mulai berlaku penegakan hukumnya,” ucapnya.

“Ya. Tapi kita berharap bahwa sebelum mereka berangkat dari asalnya, sebelum membeli tiket, harusnya sudah bisa menunjukkan SIKM,” ucapnya, dikutip okezone.com

Petugas gabungan sendiri sudah mendirikan sejumlah pos di titik keluar-masuk Jakarta. Jajaran Dishub tak segan memberikan sanksi bagi para pelanggar yang tidak memenuhi persyaratan. “Mulai hari ini secara keseluruhan , bagi yang kendaraan darat tentu kita putarbalikkan. Bagi penumpang kereta, bis, itu sebelum membeli tiket sudah harus dilengkapi SIKM,” imbaunya.(*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top