Wisata

Penginapan Arlen, Homestay Dengan Pesona Pantai Danau Maninjau

Maninjau, Prokabar  – Di pertengahan tahun 2019 ini, kunjungan wisatawan dari Eropa mulai menggeliat ke Danau Maninjau. Bule didominasi asal Prancis mulai kembali ramai untuk menikmati ketenangan riak Danau Vulkanik tersebut. Kunjungan beberapa turis tersebut menjadi tanda baik akan kembali tumbuhnya wisata internasional di Danau Maninjau. Meski demikian, saat ini baru tiga penginapan senang ditempati turis tersebut. Seperti Muaro Beach, Bagus Beach, Hotel Maninjau Indah dan Arlen serta beberapa penginapan lokal lainnya.

Menyimak penginapan seperti homestay, Arlen dulunya sangat primadona dan ramai dikunjungi pada masa kejayaan Danau Maninjau sebagai Destinasi Wisata unggulan. Sejak krisis moneter dan reformasi pada 1998, ditambah pula keramba jaring apung menjadi andalan perekonomian masyarakat, Danau Maninjau menjadi tercemar. Membuat para turis manca negara itu enggan ke salah satu Geopark Nasional tersebut.

Tidak hanya itu, kondisi jalan setapak melintasi pematangan sawah menjadi kendala besar dari penginapan Arlen. “Ada sekitar 400 meter akses jalan masuk dan keluar, masih dilalui dengan pematang sawah membuat wisawatan enggan ke sini. Kami salah saing dengan penginapan yang ada di Maninjau,” terang Asri Zul (33) pengelola Arlen kepada Prokabar.com.

Dahulu lanjutnya, penginapat ini cukup terkenal dan sangat ramai ditempati wisatawan asal Eropa. “Selain Danau Maninjau tercemar, dukungan masyarakat sangat lemah. Karena para orang tua di sini menganggap kunjungan wisatawan asal Eropa dapat merusak tatanan sosial masyarakat. Seharusnya hal itu bisa diatur sesuai regulasi derah kita bila mau,” harapnya.

Dampak positif wisawatan ke daerah ini jelas sangat banyak. Seperti meningkatkan pertumbuhan UMKM, Kuliner, dan restribusi daerah. “Kami sangat berharap pemerintah daerah dapat terus menggencarkan pembenahan destinasi wisata. Semoga Danau Maninjau kembali bersih dan sehat, sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan nantinya,” pungkasnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top