Daerah

Penanganan Covid 19. Tanah Datar Bertekad Punya Tempat Isolasi Representatif

Dibaca : 562

 

Tanah Datar, Prokabar. Usai dilantik Gubernur Sumatera Barat, Jumat (26/2) kemarin, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar berkomitmen di 100 hari pertama kerja akan lebih fokus dalam percepatan pemulihan ekonomi dn penanganan Covid 19.

“Kita akan fokus kepada penanganan Covid-19. Memastikan vaksinasi berjalan. Lalu kita akan tingkatkan proses tracking (pelacakan), testing (pemeriksaan dini), dan treatment (perawatan), atau yang lebih dikenal dengan 3T,” ujar Eka Putra.

Ia juga mengatakan, dalam menekan penyebaran Covid 19, pihaknya juga akan terus mengampanyekan gerakan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Menurutnya, anggaran pemerintah pusat hingga daerah yang sudah sangat banyak tersedot untuk penanganan Covid-19, maka jangan sampai anggaran tersebut habis sia-sia. Namun, mesti benar-benar efektif untuk penanganan Covid-19.

“Tempat isolasi yang representative harus ada di Tanah Datar. Kita juga akan tingkatkan pengawasan penggunaan anggaran Covid 19,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita mengatakan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah kabupaten dalam penanganan serta pencegahan penyebaran Covid 19. Selain melakukan kampanye penegakan protokol kesehatan, peningkatan kekebalan tubuh dengan program vaksinasi juga telah dilakukan terhadap tenaga kesehatan di lingkungan Pemkab Tanah Datar.

Pada vaksinasi Covid 19 tahap 1 terhadap 1400-an tenaga kesehatan, realisasi vakisnasi lebih kurang sebesar 76% dari total sasaran. Angka ini masih jauh dibawah target sasaran, yang berkisar dipersentase 95 % dari total sasaran.

” mengapa persentasenya segitu, karena ada 500 tenaga kesehatan kita yang komorbid, atau ada penyakit penyerta, jadi tidak bisa kita berikan vaksin,” ungkap Yesrita.

Ia melanjutkan, upaya pencegahan dan penularan Covid 19 ditengah tengah masyarakat akan tetap dilakukan, terutama dalam peningkatan kekebalan tubuh.

Sementara, Program vaksinasi tahap 2 akan
Segera dilaksanakan dengan sasaran TNI Polri dan pelayanan publik. Sebanyak 1514 orang menjadi sasaran vaksinasi tahap 2 ini.

Rencananya, vaksinasi tahap 2 akan mulai dilakukan pada Kamis (4/3) mendatang.

” untuk vaksinasi tahap 2 ini, rabu kita akan menjemput vaksin dan esok harinya, kamis kita akan lansung melakukan vaksinasi tahap dua dengan sasaran TNI Polri dan pelayanan publik. Kita juga sudah berkordinasi dengan Kodim dan Polres,” kata nya.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top