Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Pasca Gempa Lombok, Kominfo dan Operator Pulihkan 302 Base Station

Dibaca : 808

Jakarta, Prokabar — Pasca Gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama operator telekomunikasi telah berhasil memulihkan 302 base station, sehingga kebutuhan telekomunikasi bisa digunakan masyarakat.

“Kami terus pantau dan lakukan pemulihan. Sampai dengan Senin (20/8)sore kemarin, sudah 302 base station yang dipulihkan dan bisa digunakan untuk melayani kebutuhan telekomunikasi sehari-hari warga NTB dan sekitarnya,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza, di Jakarta, Selasa (21/8).

Berdasarkan data Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Kelas II Mataram Kemkominfo, pada Senin (20/8) sore, dari 6.149 base station yang ada di Pulau Lombok terdapat 10.44 persen base station yang tidak bisa digunakan. “Mengenai sebaran base stations yang terdampak dapat dilihat pada peta, base station yang belum bisa digunakan dominan berada di Lombok Timur, NTB,” ungkapnya.

Secara rinci sebaran base stations yang terdampak sebagai berikut: Lombok Utara 69 unit base stations, Lombok Barat 40 unit, Lombok Timur 390 unit, Lombok Tengah 112 unit, dan Kota Mataram 24 unit. Sementara di kabupaten dan kota lainnya di Pulau Sumbawa 7 unit base station yang terdampak gempa dan tidak bisa digunakan.

Sementara itu, tambahan 36 unit telepon satelit dari BAKTI Kemkominfo sudah tiba di Kantor Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram di NTB. Usai pengecekan dan uji coba, seluruh unit telepon satelit akan didistribusikan untuk membantu koordinasi penanganan bencana. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top