Trending | News | Daerah | Covid-19

Ekonomi

Menteri Teten Masduki : “UMKM Naik Kelas! Jangan Kebanyakan Branding”

Dibaca : 165

Jakarta, Prokabar – Produk hasil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bisa naik kelas. Asalkan setiap daerah punya produk unggulan yang kuat.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki dalam sambutannya di acara Seminar dan Pameran Singkat Produk Unggulan Provinsi Riau di Sarinah Thamrin, Jakarta, Kamis (19/12).

Menurut Menteri Teten, hasil dari UMKM sebenarnya jadi tulang punggung ekonomi nasional. Mengingat banyaknya produk unggulan di tiap daerah seharusnya bisa mensejahterakan masyarakatnya.

“Tentu saja butuh branding yang baik. Tapi jangan terlalu banyak branding juga. Harus adanya komunitas, sektor seperti koperasi yang bisa mengelompokan. Jangan terjadi perang branding di tingkat usaha kecil,” ujarnya.

Seperti yang sedang dilakukan oleh PT Sarinah (Persero), menurut Menteri Teten sudah melakukan agregasi terhadap UMKM dari berbagai daerah.

“Contohnya dari Provinsi Kepulauan Riau ini tengah bekerjasama dengan Sarinah memasarkan hasil UMKM daerahnya. Kemudian lewat perusahaan BUMN ini dipasarkan kembali dalam satu tempat bahkan hingga pasar global,” jelas Menteri Teten.

Kedepannya bukan hanya produk berupa makanan khas, kerajinan tangan atau craft saja, Menteri Teten berharap produk di bidang teknologi bisa tercipta.

“Jangan keripik, batik, akik (batu) terus yang dihasilkan. Sektor teknologi seperti permesinan di sektor pertanian atau kesehatan juga kita produksi. Sehingga UMKM bisa naik kelas menuju pasar global,” harapnya.

Tentu saja agar terlaksana, butuh kerjasama dari pihak pemerintah daerah agar membantu UMKM. “Problemnya selalu dalam pembiayaan, perijinaan dan pemasaran. Marilah kita sama-sama mendukung UMKM agar naik kelas. Terutama bagi pemerintah daerah,” pungkas Menteri Teten. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top