Musik

Menembus Batas, Pengusaha dan Musisi Tono Supartono Kembali Berkarya Rilis Single ‘Sang Bidadari’

Dibaca : 136

Jakarta, Prokabar – Lama vakum di industri musik Indonesia, Tono Supartono kembali hadir menunjukan karya bertajuk ‘Sang Bidadari’.

Bagi insan musik, nama Tono sempat melejit dengan karya lagu ‘Keagungan Tuhan’ yang dipopulerkan penyanyi legendaris Eddy Silitonga.

Proses pengerjaan single ini, Tono dibantu sahabatnya yang juga pendiri Magenta Orchestra, Andi Rianto. Ide pria yang dikenal sebagai pengusaha ini muncul ketika merasa jenuh. Terlebih di masa pandemi, kegiatan Tono serba terbatas.

Terhitung sudah banyak album yang dihasilkan Tono. Diantaranya album Tono & Trust Band, album Moving On (Magenta Singers), dan album Kumpulan Melodi Terbaik Tono Supartono. Kumpulan Melodi Terbaik Tono Supartono, Tono bekerja sama dengan berbagai penyanyi antara lain, Nania Yusuf, Sammy Simorangkir, Be 3, Wisha Sofia Dewi (Magenta Singer), dan Dendy Mikes (alm).

Menurut Tono, karya terbarunya ini tercipta hanya dalam hitungan jam. Komunikasi Tono dan Andi melalui sambungan telpon menghasilkan kesepakatan.

“Kita memiliki Magenta Orchestra, tapi kita tidak bisa menggunakan Magenta Orchestra kita sendiri (karena pandemik” ucap Tono.

Melalui Budapest Scoring Orchestra setelah tiga hari proses penulisan partitur, akhirnya aransemen ‘Sang Bidadari’ pun selesai.

“Proses pengawasan rekaman dilakukan secara jarak jauh dengan mekanisme pengiriman data lewat email, dimana secara berkala Andi Rianto mengirimkan partitur secara digital ke Hungaria untuk dijadikan acuan dalam proses rekaman,” ujar Tono yang menyebut proses ini jadi tantangan.

Alhasil karya yang di mixing Tommy P Utomo dan mastering oleh Don Bartley (Australia), membuat Tono dan Andi puas.

Rencananya “Sang Bidadari’ akan dirilis, akhir Mei mendatang. Sekaligus video musik yang disutradarai oleh Wahyu Taufani Prialangga (sutradara video musik penyanyi Raisa) mulai dinikmati di berbagai platform musik digital pada 20 Mei mendatang.

Sebagai informasi musik video, bisa disaksikan langsung di kanal YouTub Overclock Studios. Karya Tono seakan menajdi inspirasi, tidak ada batasan usia dalam berkarya.

“Karena pada akhirnya kemauan dan keyakinan diri itu sendiri lah yang dapat mendobrak semua batasan,” pungkas Tono. (beb)

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top