Nasional

Menantu Luhut Jadi Komandan Paspampres, Mayjen Suhartono Pimpin Korps Marinir

Jakarta, Prokabar – Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi di sejumlah jabatan strategis di tubuh TNI, Kamis (29/11).

Selain menunjuk Pangkostrad baru untuk menggantikan Jendral TNI Andika Perkasa yang tempo hari dilantik Presiden Jokowi menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), posisi Danpaspamres pun turut berganti.

Kepada Prokabar, Mayjen Suhartono memohon doa dan dukungan. “Insya Allah, iya (pindah,-red),” kata Suhartono, di balik pesan singkatnya yang diterima wartawan Prokabar.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Santos Matondang membenarkan kabar tersebut. “Betul, Pangdam Siliwangi yang ditugaskan menjadi Pangkostrad,” katanya.

Dengan demikian, Santos Matondang akan segera naik pangkat menjadi Letnan Jendral, atau jendral bintang tiga. Tidak hanya Pangkostrad, juga dimutasi Jabatan Komanda Pasukan Pengamanan Presiden (Dan Paspamres).

Danpaspamres saat ini, Mayor Jendral (Mar) Suhartono, diamanahkan dalam jabatan baru sebagai Komandan Korps Marinir. Suhartono, akan digantikan oleh Brigjen TNI Maruli Simanjintak, sebelumnya menjabat Kasdam Diponegoro.

Brigjen Maruli, bukan perwira asing di tubuh Pasukan Pengamanan Presiden. Sebelum jadi Kasdam, menantu Jendral TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan itu, pernah bertugas sebagai Wakil Komandan Paspampres.

Brigjen Maruli, juga pernah menjadi Komandan Regu di Paspampres. “Mayjen Suhartono, menggantikan Mayjen (Mar) Bambang Suswantono yang pindah menjadi Asisten Potensi Maritim KSAL,” kata sumber Prokabar di Mabes TNI. (vbm)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik

To Top