Bola

Malaysia 2-0 Indonesia, Kekalahan Kelima “Tim Merah Putih”

Kualalumpur, Prokabar – Tim Nasional Indonesia kembali menelan pil pahit, setelah menyerah 2-0 dari tuan rumah Malaysia, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, Selasa (19/11) di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Kekalahan ini membuat Indonesia semakin terpuruk di posisi juru kunci klasemen Grup G. Dari lima pertandingan Tim “Merah Putih”, semuannya berakhir dengan kekalahan.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, Malaysia langsung menekan sejak awal laga. Belum semenit berjalannya laga, Mohamadou Sumareh langsung terlibat duel dengan Yanto Basna dalam sebuah serangan yang dibangun lewat sayap kanan.

Indonesia sebenarnya mampu membuat repot pertahanan tuan rumah. Di menit ke-4 mereka hampir mencetak gol pembuka melalui Greg Nwokolo setelah menerima umpan dari Septian David Maulana, tapi masih sepakannya masih bisa diantisipasi pemain belakang Malaysia.

Tim tuan rumah merespons melalui sepakan pojok terarah ke gawang di menit ke-9. Beruntung bagi Indonesia, Muhammad Ridho mampu menepisnya. Skor masih 0-0.

Peluang emas kembali didapat Indonesia di menit ke-19, di awali dari serangan balik cepat yang dilakukan Greg Nwokolo. Dia memberikan umpan mendatar ke Febri Hariyadi sayang setelah berhadapan dengan kiper tendangannya mengenai kaki kiper Harimau Malaya.

Malaysia akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit ke-30. Di awali dari pelanggaran yang dilakukan Yanto Basna. Wasit memberikan hadiah pelanggaran, Safawi Rasid yang menjadi eksekutor berhasil melepaskan bola ke awah gawang. Skor 1-0 untuk Malaysia.

Di babak kedua, usaha Indonesia menyamakan skor selalu kandas. bebberapa penggantian pemain yang dilakukan pelatih Yeyen Tumena, tak kunjung membuahkan hasil.

Sebaliknya, pemain Malaysia, Muhammad Safawi Rasid kembali menjadi bintang dalam pertandingan tersebut dengan mencetak gol keduanya menit ke-73, untuk membawa Malaysia unggul 2-0. Sampai hasil laga, skor tak berubah.

Kekalahan atas Malaysia di Bukit Jalil merupakan kekalahan kelima yang dialami tim Garuda sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada empat laga sebelumnya, Indonesia juga selalu kalah, termasuk saat pertemuan pertama dengan Malaysia di Jakarta, 5 September lalu.

Pada empat laga sebelumnya, Indonesia kalah masing-masing 2-3 dari Malaysia; 0-3 dari Thailand; 0-5 dari Uni Emirat Arab; dan 1-3 dari Vietnam.

Susunan pemain

Malaysia: Khairulazhan Bin Mohd Khalid; M Aidil Zafuan, Corbin Ong Lawrence, Shahrul Mohd Saad; Muhamad Nor Azam, Mohamed Syamer Kutty, Muhammad Syahmi Safari, Brendan Gan, Muhammad Akhyar Rashid; Muhammad Safawi Rasid, Mohamadou Sumareh,

Timnas Indonesia: Muhammad Ridho; Gavin Kwan Adsit, Otavio Dutra, Rudolof Yanto Basna, Ricky Fajrin; Hendro Siswanto, Bayu Pradana; Teuku Muhammad Ichsan, Septian David Maulana, Febri Hariyadi; Greg Nwokolo.(mht)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top