Nasional

Majelis Tazkiyah Rayakan Idul Adha Pada Selasa

Padang, Prokabar — Hari raya Idul Adha tahun ini diselenggarakan cukup berwarna dan berbeda di beberapa wilayah Indonesia. Meski pemerintah telah menetapkan Idul Adha jatuh pada Rabu (22/8), ada pula sebagian masyarakat yang melaksanakan hari raya lebih dulu.

Salah satunya adalah Majelis Tazkiyah yang akan menggelar salat Idul Adha Selasa (21/8) di halaman Pool NPM, S Parman, Padang. 

“Bagi kaum muslimin yang berkeyakinan Senin ini Hari Arafah dan menunaikan puasa Sunat Arafah, untuk sholat Idul Adha besok, ayo silahkan ke Pool NPM S Parman, Padang.” ujar Ustadz Jel didampingi M Fuad, Senin (20/8)

Lebih lanjut ustad Jel menjelaskan kenapa  majelis menyelenggarakan Idul Adha berbeda dengan pemerintah. “Kaum muslimin yang mengambil kajian fiqih, mematok Makkah sebagai mantlak rukiyah dan berdasarkan putusan resmi Dewan Dakwah Islamiyah, karena Arafah hari ini, tentu Idul Adhanya, Selasa 21 Agustus, dan majelis Tazkiyah tetap menghormati perbedaan khilafiyah penetapan Idul Adha,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak kaum muslimin yang ingin menunaikan salat Idul Adha dapat bergabung di pool NPM untuk bersama-sama menyelenggarakan salat Idul Adha.

Sebagai informasi, Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi menetapkan Hari Raya Idul Adha 1439 H jatuh pada Selasa (21/8). Sementara hari Arafah jatuh pada Senin (20/8).

Penetapan ini menyesuaikan dengan hari pertama bulan Zulhijjah yang jatuh pada Minggu (12/8), pekan lalu. Semua keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Mahkamah Agung Saudi pada Sabtu (11/8).

Sementara itu, pemerintah Indonesia berbeda dalam menetapkan 1 Zulhijjah 1439 H yang jatuh pada Senin (13/8). Artinya, 10 Zulhijjah atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu (22/8).

“Bulan Zulqa’idah 1439 H kita sempurnakan, dengan cara istikmal atau digenapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada hari Senin, 13 Agustus 2018, dan tanggal 10 Zulhijjah 1439 H jatuh pada Rabu 22 Agustus 2018,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Muhammadiyah Amin. (hdp)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top