Daerah

Lima Hari Pasbar Diterjang Angin Kencang, Kerugian Mencapai Rp657 Juta Lebih 

Dibaca : 430

PasamanBarat, Prokabar – Bencana angin kencang yang melanda Pasaman Barat beberapa waktu lalu cukup meluluhlantahkan sendi kehidupan masyarakat.

Bahkan, kerugian atas bencana angin kencang yang terjadi pada akhir Maret hingga 4 April kemarin mencapai Rp657 juta.

Jumlah kerugian ini hasil pendataan di lapangan oleh dinas terkait.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Decky H. Saputra menjelaskan, ada sekitar 71 KK yang terdampak bencana angin kencang.

Bahkan, tidak sedikit pula fasilitas umum lainnya yang ikut menjadi korban keganasan angin.

“Rumah warga, beberapa fasilitas umum di antaranya, fasilitas ibadah, dua unit fasilitas kesehatan, enam unit fasilitas pendidikan dan dua unit fasilitas perkantoran terdampak angin kencang,” kata Decky.

Ia merinci, paling parah itu terjadi di Kecamatan Kinali. Dimana kerugiannya mencapai Rp162 juta lebih. Kemudian Kecamatan Pasaman Rp125 juta, Kecamatan Sungai Aur Rp86,5 juta, Kecamatan Sungai Beremas Rp65 juta dan Kecamatan Koto Balingka Rp64 juta.

Selanjutnya di Kecamatan Ranah Batahan Rp60 juta, Kecamatan Talamau Rp46,8 juta, Kecamatan Gunung Tuleh Rp41 juta, Kecamatan Lembah Melintang Rp4 juta dan terendah adalah Kecamatan Luhak Nan Duo Rp3 juta.

“Paling banyak yang rusak itu di bagian atap bangunan. Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Kurangi aktifitas di luar rumah dan jauhi lokasi yang rawan akan pohon tumbang semacamnya,” pungkas Decky. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top