Trending | News | Daerah | Covid-19

Bola

Liga 3 zona Sumatera: PSP Padang Bye, Batang Anai FC vs AD Sport Lampung

Dibaca : 2.3K

Padang, Prokabar – PSP Padang, juara Liga 3 2019 Asprov PSSI Sumbar dipastikan menang bye di Putaran 1 Babak Regional Sumatera Liga 3 2019. Itu pasca diumumkannya hasil undian oleh PSSI pada Selasa (12/11) melalui email yang dikirim ke masing Asprov di Sumatera.

Seperti yang dibenarkan oleh Sekretaris Umum PSSI Sumbar, Hendra Dupa, Selasa sore kepada
prokabar. Selain PSP Padang, juga diketahui Batang Anai FC Padang Pariaman, sebagai runner-up akan berhadapan dengan juara Lampung, AD Sport.

“Ya, kita sudah menerima email pemberitahuan hasil drawing Liga 3 2019 Babak Regional Sumatera. Dua wakil Asprov Sumbar, PSP dan Batang Anai FC akan memulai pertarungan memperebutkan jatah Sumatera ke Babak Nasional,” terangnya.

Menurut Hendra, di Babak Regional itu memakai sistim gugur dengan dua leg, home and away. Pemenangnya lanjut ke fase kedua, juga dengan sistim gugur. Bedanya pemenang fase kedua ini sudah memastikan satu tempat dari 6 jatah Sumatera lolos ke Babak Nasional.

“Dari bagan skema pertandingan yang kita terima. PSP Padang yang menang bye di fase 1 akan menunggu pemenang antara juara Sumsel melawan juara Kepulauan Riau. Sedangkan Batang Anai FC, memainkan pertandingan fase 1 melawan juara Lampung,” jelasnya.

PSSI juga telah menetapkan kuota masing-masing Asprov yang berhak berlaga di Regional Sumatera. Aceh dan Riau mendapatkan slot lebih banyak dibandingkan 8 Asprov lainnya, Sumut, Sumbar, Kepri, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Babel dab Lampung.

Keputusan jumlah kuota tiap provinsi dilakukan berdasarkan penilaian PSSI pusat terhadap empat parameter, yaitu pendaftaran pemain secara online, hasil pertandingan online, jumlah pertandingan minimal 12, dan durasi kompetisi minimal 30 hari.

“Aceh jatahnya 6 klub, Riau 4 tim. Sedangkan Sumut dan Sumbar, masing-masing 2 tim. Lainnya cuma kebagian 1 tim pemenang, juara Kepri, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Babel dan Lampung. Itu ketetapan dari PSSI,” tegasnya.

Dengan begitu, PSP Padang belum memainkan pertandingan di fase pertama, karena mendapatkan bye. Sedangkan Batang Anai FC yang akan melakoni pertandingan fase pertama, akan bertandang duluan ke markas AD Sport, Juara Lampung, di leg 1 pada Rabu, 20 November 2019. Setelah itu, giliran AD Sport menyambangi markas Batang Anai FC pada leg 2, Senin, 25 November 2019.

“Semoga 2 tim wakil Sumatera Barat ini bisa lolos ke Babak Nasional,” tutup Hendra Dupa.

daftar Tim Babak Regional Sumatera:
ACEH:
1. Persidi Idi,
2. PSBL Langsa,
3. PSGL Gayo Lues,
4. PS Peurelak Raya Aceh Timur,
5. Galaticos FC Bireun,
6. PSLS Lhokseumawe

SUMUT:
1. Karo United FC,
2. PS Bhinneka

SUMBAR:
1. PSP Padang,
2. Batang Anai FC

RIAU:
1. Tornado FC
2. PS Siak
3. Kuansing United
4. Dumai FC

KEPRI:
1. 757 Kepri Jaya FC

JAMBI:
1. Persibri Batang Hari

BENGKULU :
1. Persipa Bengkulu

BABEL:
1. Persibabar Bangka Barat

SUMSEL:
1. Muba United FC
LAMPUNG:
1. AD Sport (Mht)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top