Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Layanan Pengurusan KIR Kendaran Barang Tutup di Pasaman, Para Supir Mengeluh

Ilustrasi
Dibaca : 146

Pasaman, Prokabar — Para sopir angkutan barang dan orang di daerah Kabupaten Pasaman mengeluhkan tidak beroperasinya layanan rangkaian uji kelayakan kendaraan atau KIR, di daerah itu. Banyak pemilik kendaraan pengangkut barang yang harus putar kepala saat hendak mengurus KIR untuk operasional kendaraan mereka.

Pihak UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) setempat hanya bisa menerbitkan rekomendasi untuk pengurusan KIR ke daerah pilihan Kota Payakumbuh atau Padang Panjang.

“Jelas akan memakan biaya besar jika truk fuso ini mesti uji KIR dan dibawa ke Kota Payakumbuh atau Padang Panjang. Minimal biaya di jalan saja bisa memakan operasional Rp1 juta pak,” keluh supir.

“Kami para supir mengaku sangat kecewa dengan kondisi ini. Bayangkan pak, cuma ini pencaharian hari-hari kami. Jika tidak diurus KIR ini nanti bisa bermasalah juga saat beraktifitas,” lanjut supir lainnya.

Pihaknya berharap masalah tersebut bisa sesegera mungkin diatasi oleh pemerintah daerah setempat.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan Pasaman, Afridansyah melalui Kepala UPT PKB, Asadi mengatakan, layanan KIR tersebut terpaksa ditutup karena kekurangan alat smart card sesuai perintah Kemenhub.

“Sesuai edaran Kemenhub bagi uji KIR yang tidak memiliki alat Smart Card untuk penerbitan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) tidak dibolehlan memberikan layanan per 1 Januari 2021. Kita memang belum memiliki alat tersebut. Makanya terpaksa ditutup layanan sampai kita punya alat tersebut,” kata Asadi. (Ola)

 


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top