Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Lantik Empat Pejabat Fungsional Analisis Keuangan, Ini Harapan Pemkab Pasaman

Dibaca : 120

Pasaman, Prokabar — Empat pejabat fungsional Analisis Kuangan Pusat dan Daerah (AKPD) di lingkungan Bakeuda Kabupaten Pasaman baru saja dilantik.

Pengambilan sumpah jabatan ditandai dengan penandatanganan berita acara sumpah jabatan oleh semua pejabat yang dilantik oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Pasaman, M. Roni.

M. Roni mengungkapkan, jabatan fungsional memiliki peran tak kalah pentingnya dengan jabatan struktural dalam menggerakkan roda pemerintahan daerah. Dalam setiap pemerintahan, dibutuhkan profesionalisme atau keahlian khusus yang bisa dilakukan oleh pejabat fungsional khusus.

“Menjadi pejabat fungsional tertentu yang memang kita butuhkan. Pada kesempatan ini atas nama pribadi dan pemerintah saya menyampaikan selamat kepada saudara kepada para pejabat yang dilantik,” ujarnya.

M. Roni juga menyampaikan, jabatan fungsional AKPD mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan analisis keuangan pusat dan daerah dalam lingkungan instansi pusat dan daerah.

“Aktifitas lingkup keuangan pusat dan daerah yang akan dilaksanakan oleh pejabat fungsional AKPD yang baru dilantik adalah melaksanakan manajemen penerimanan, pengeluaran, pembiayaan dan hutang, aset dan desentralisasi fiskal,” ungkap M. Roni.

Lebih jauh, dia juga menjelaskan, AKPD yang baru dilantik juga mempunyai tugas tambahan yaitu untuk mendukung pelaksanaan pelatihan dan implementasi kebijakan dibidang analis keuangan pusat dan daerah dengan harapan terus belajar dan mengembangkan potensi individu dalam mewujudkan kemajuan Pasaman.

Empat orang pejabat fungsional AKPD yang dilantik dan diambil sumpahnya tersebut adalah, Muhammad Yasri Saputra sebagai pejabat fungsional AKPD ahli madya yang sebelumnya bertugas sebagai sekretaris pada Dinas Pertanian. Selanjutnya, Rahma Yenti, Yunilawati, Rita Syafri, yang sebelumnya bertugas sebagai pejabat struktural dan staf pada Bakeuda Pasaman. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top