Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Ketua PWI Pusat : “Medsos Jadi Ancaman? Jangan Takut!”

Foto Beb - Ketua PWI Pusat tengah memberi semangat pada rekan media
Dibaca : 450

Jakarta, Prokabar – “Jangan Takut!” Tegas Ketua PWI Pusat, Atal S Depari menanggapi banyaknya pemberitaan di media sosial. Menurutnya belum tentu pemberitaan yang cepat mengandung fakta yang akurat.

Itulah pesan Atal ketika berdiskusi bersama rekan wartawan di acara Forum Medan Barat 9 (FMB9) di Ruang Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Rabu (26/5).

Mantan wartawan Suara Karya ini menilai banyaknya portal berita online tidak sesuai dengan pedoman jurnalistik yang benar. “Kita perhatikan sekian banyak portal berita yang bermunculan, semua pemberitaan sama. Bahkan ada yang menjiplak keseluruhan. Ini tidak baik,” ungkapnya.

Kemajuan teknologi inilah yang menjadi kekhawatiran insan pers yang tak lagi melakukan tugasnya menggali berita lebih dalam.

Foto Beb – Ketua PWI Pusat, Atal S Depari

“Ingin cepat dipublikasikan tapi tidak disertai data yang mendalam, saya rasa keliru. Harus ada verifikasi dari narasumber, kebenarannya seperti apa dan berimbang,” tambahnya lagi.

Melihat kondisi seperti ini, Atal berpesan kepada insan pers menaati kode etik jurnalistik yang bermartabat. “Saya yakin jika kita melakukan kode etik, pekerjaan kita tetap seksi dan masyarakat masih percaya pada wartawan,” ujar Atal.

“Jangan takut tertinggal pemberitaan yang cepat seperti di medsos. Lambat namun dilengkapi data yang akurat dan berimbang, tidak jadi masalah,” tambahnya lagi.

Diakhir perbincangan, Atal pun memberi semangat agar berbangga pada tugas seorang wartawan. Karena semua informasi yang didapat diolah menjadi berita yang mudah dimengerti.

“Banggalah menjadi wartawan profesional. Kepercayaan publik masih berada di pundak wartawan,” pungkas Agak bersemangat. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top