Nasional

Keren! Indonesia Dance Company (IDCO) Tampilkan Cerita Rakyat ‘Malin Kundang’ Di Pagelaran “Untukmu Indonesiaku’

Foto Beb - Tim IDCO dan pebalet yang akan terlibat di pagelaran "Untukmu Indonesiaku"

Jakarta, Prokabar – Indonesia Dance Company (IDCO) seakan tak habisnya berkarya. Setiap tahunnya, IDCO selalu mempersembahkan maha karya seniman tari profesional sekaligus mengangkat budaya Indonesia ke mata dunia. Wow!

Mengulangi kesuksesannya, IDCO telah menyuguhkan tiga pagelaran tari yang memukau di setiap tahunnya. Sebut saja “We Dance” (2016), “Danceventure” (2017) dan “It’s…Showtime” (2018) sukses diselenggarakan dibawah pimpinan Claresta Halim.

Tak kalah dengan tiga pertunjukan sebelumnya, IDCO tengah menyiapkan satu persembahan spektakuler yang bertajuk “Untukmu Indonesiaku”. Pagelaran ini nantinya akan diselenggarakan di Gedung Kesenian Jakarta selama tiga hari, 27 – 30 September mendatang.

Foto Beb – Claresta Halim pimpinan Indonesia Dance Company (IDCO)

“Ide ini tercetus ketika muncul satu pertanyaan dalam diri saya. Apa yang bisa kami berikan kepada bangsa Indonesia? Lalu kami bertekad berkontribusi melalui pagelaran dari karya-karya kami. Selain itu kamu juga ingin menaburkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara ini,” ujar Claresta ketika ditemui Prokabar.com di Galeri Indonesia Kaya, Selasa (9/7).

Sesuai dengan misinya mengangkat budaya Indonesia, tarian Belian Lawangan (suku Dayak) dan cerita rakyat Malin Kundang (Sumatera Barat) akan dipersembahkan dalam acara nanti.

Menurut cucu tokoh balet Indonesia, Marlupi Sijangga ini dirinya tertantang ketika melihat vlog pianis yang juga komponis Ananda Sukarlan. Claresta ingin memadukan tarian balet dengan cerita rakyat dari Sumatera Barat.

Foto Beb – IDCO tahun keempat akan menyuguhkan cerita rakyat Malin Kundang

“Awalnya aku lihat vlognya Mas Ananda. Beliau menantang koreografi Indonesia untuk cerita rakyat Malin Kundang. Kebetulan Mas Ananda baru saja konser di Jakarta. Saya terinspirasi memasukan cerita rakyat Sumatera Barat di pagelaran Untukmu Indonesiaku,” jelas Claresta.

Ternyata apa yang jadi tantangan Claresta diwujudkan dalam tarian balet yang sempurna. Dihadapan awak media, tiga pebalet profesional membawakan cerita Malin Kundang. Diiringi musik gubahan Ananda, ketiganya (pebalet) memerankan sosok dalam cerita Malin Kundang.

“Pertunjukan tadi baru sebagian yang kita tampilkan. Lengkapnya nanti saat pagelaran berlangsung. Pokoknya saya ingin mengajak banyak orang untuk mencintai budaya Indonesia. Disamoing itu kami juga ingin mengenalkan balet dengan sentuhan budaya kita,” ujar Claresta bersemangat. (beb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top