Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Kemenkumhan Bantah Halangi Habib Rizieq Untuk Pulang

Dibaca : 139

Bekasi, Prokabar — Direktur Jendral Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Ronny Sompie mengatakan negara tidak pernah menghalangi pemimpin organisasi Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab untuk kembali ke Tanah Air.

“Dia saja yang tidak mau mau pulang. Negara tidak menghalangi dia untuk pulang, tidak ada penangkalan, menangkal warga negara sendiri untuk pulang itu tidak ada,” tegas Ronny usai peresmian gedung baru kantor imigrasi klas 2 Bekasi, Jawa Barat, Rabu (10/7) kemarin.

Ronny mengatakan bahwa dalam rangka proses hukum, aturan mencegah warga negara sendiri untuk keluar dari Indonesia itu ada. Namun, kata dia, dalam UU No.12 tahun 2006 tentang kewarganegaraan, menolak warga negara indonesia (WNI) untuk kembali ke tanah air itu tidak ada dalam peraturan.

“Imigrasi hanya membantu, kecuali memang ada pelanggaran keimigrasian, misalnya paspor yang bersangkutan habis masa berlakunya,” tambahnya.

Ia mengatakan apabila masa berlaku paspor Rizieq habis, maka Rizieq harus kembali ke Indonesia dan pihak imigrasi akan memberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor melalui kedutaan besar perwakilan Indonesia di negara yang bersangkutan. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top