Nasional

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor, Begini Caranya

Jakarta, Prokabar — Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  telah membuka pendaftaran mudik gratis untuk sepeda motor dengan angkutan darat (Bus dan Truk).

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menjelaskan, seperti halnya tahun lalu, tahun ini Kemenhub juga akan memfasilitasi masyarakat yang ingin membawa sepeda motor untuk bersilaturahmi di kampung halaman.

“Tahun ini disiapkan 100 truk yang dapat mengangkut 3.500 unit sepeda motor. Hal ini dimaksudkan agar dapat mengurangi jumlah penggunaan sepeda motor pada saat mudik lebaran,” ujar Dirjen Budi.

Masyarakat yang hendak mendaftar mudik gratis dapat mengakses secara online melalui https://mudikgratis.dephub.go.id/.

Selain itu masyarakat juga dapat mendaftar langsung di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan Jl. Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat pada saat jam kerja, dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan yaitu fotokopi KTP dan STNK sepeda motor.

“Untuk kota tujuan, jika tahun lalu terdapat 32 kota, maka tahun ini kami tambah menjadi 40 kota tujuan. Begitu juga dari sisi anggaran, jika pada tahun lalu dianggarkan sebesar Rp27 miliar, maka pada 2019 ini anggaran meningkat menjadi Rp34 miliar,” kata Dirjen Budi.

Direktur Angkutan Jalan, Ahmad Yani menambahkan, pemberangkatan mudik gratis untuk sepeda motor ada di 5 tempat, yaitu, Kantor Bulog Divre I Jakarta dengan pemberangkatan Kamis, 30 Mei 2019.

Kemudian pada Jumat, 31 Mei 2019 akan diberangkatkan sepeda motor dari Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Sedangkan untuk pemberangkatan penumpang mudik gratis, dipusatkan di Silang Monas Jakarta pada Jumat, 31 Mei 2019 (17.00 WIB) dan Sabtu, 1 Juni 2019 (08.00).

Selain itu juga terdapat titik keberangkatan dari Pakansari Stadium Bogor (Bogor Raya+Depok), Kantor PemkabTangerang (Tangerang Raya), dan Lapangan Summarecon Bekasi (Bekasi Raya) pada Sabtu, 1 Juni 2019 (10.00 WIB).

Adapun rencana kota tujuan Mudik Gratis 2019 sebagai berikut :

1. Jawa Barat

Cirebon, Banjarpatoman (via Tasikmalaya dan Ciamis), Kuningan.

2. Jawa Tengah & DIY

Slawi (via Tegal), Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Blora, Purwodadi, Salatiga, Boyolali, Solo, Sragen, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, temanggung, wonosobo, Kebumen, Purwokerto,m Banjarnegara, Cilacap.

3. Jawa Timur

Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang, Pacitan.

4. Sumatera

Lampung, Palembang, Padang. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top