Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Kata Birokrat, Di era Donny Moenek, Jalur Birokrasi Sumbar Lancar

Dibaca : 181

Padang, Prokabar — Sumatera Barat bakal memiliki Gubernur baru pada 2021 mendatang. Irwan Prayitno, politisi PKS, dipastikan tak maju lagi. Dia sudah dua periode.

Siapa penggantinya? Donny Moenek! Ini salah satu kandidat yang tak bisa dipandang sebelah mata. Lama mengabdi di Kemendagri, kini rang Batusangka itu menjabat sebagai Sekretaris Jendral DPD RI.

Sosok Donny Moenek, bukan kebetulan muncul di Pilkada Sumbar. Maklum, birokrat berkumis lebat itu pernah menjadi Plt Gubernur Sumbar jelang Pilkada 2015 lalu.

Selama menjadi pelaksana tugas Gubernur, Donny Moenek memberi rasa aman, nyaman dan kepastian komunikasi birokrasi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan Kabupaten serta Pusat.

“Pak Donny, sudah khatam dengan birokrasi. Pamong senior. Sumbar butuh tokoh yang mengerti dunia birokrasi. Sehingga tidak ada komunikasi buntu antara daerah dan Provinsi. Ini soal kompetensi,” kata sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumbar.

Meminta namanya tidak ditulis, mengingat ASN dilarang berpolitik praktis, pejabat eselone III itu mengaku, banyak birokrat Kota dan Kabupaten di Sumbar menghubunginya perihal pemilihan gubernur.

“Puncaknya, saat pak Donny mendaftar ke Gerindra beberapa waktu lalu dan menyampaikan visi misinya. Ini dianggap kejutan bagi Sumbar. Selevel pak Donny, yanh saat ini sudah Sekjend di DPD mau maju jadi Gubernur,” kata dia.

Prokabar merangkum sejumlah suksesi Sumbar, di era Plt Gunernur Donny Moenek. Paling mengena itu, Donny kerap mengevaluasi langsung segala bentuk APBD di Kota dan Kabupaten, agar lebih pro rakyat.

“Sumbar apa yang tidak. Potensi SDM banyak, SDA apalagi. Membangunnya tidak bisa serabutan, kita butuh Gubernur yang paham birokrasi. Yang ada jaringan kuat ke Pusat. Kalau pak Donny itu jelas kuat. Disegani elit parpol pro pemerintah ataupun yang tidak koalisi,” kata sejumlah perantau Sumbar.

Muhammad Afdal, tokoh Agam kepada Prokabar menyebut, saat ini banyak nama balon gubernur beredar. “Namun yang berkompeten di dunia birokrasi, salah satunya pak Donny. Ini harus objektif,” kata Afdal.

Sejumlah pensiunan ASN di Payakumbuh juga mengaku demikian. Saat Donny Moenek jadi Plt Gubernur banyak persoalan daerah yang dia tangani langsung. Termasuk di Limapuluh Kota.

Belum lagi, Moenek juga menggalang kekuatan masyarakat adat dan pemerintah nagari, selama menjadi Plt Gubernur. “Beliau pemimpin yang mengayomi,” kata sejumlah walinagari di Padang Pariaman. (nrs)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top