Bola

Kalahkan Semen Padang 2-0, Bali United Segel Gelar Juara di Stadion H. Agus Salim

Padang, Prokabar – Bali United sukses menyegel gelar Liga 1 2019 setelah meraih kemenangan 1-0 atas tuan rumah Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim, Senin (2/12) petang WIB.

Ilija Spasojevic tampil sebagai protagonis kemenangan Laskar Tridatu lewat sepasang gol yang ia ciptakan di babak kedua.

Sebaliknya, bagi Semen Padang kekalahan membuat posisinya makin terancam degradasi. Kabau Sirah masih di dasar klasemen dan menyisakan 4 laga sisa, tiga diantaranya laga tandang.

Semen Padang membuka pertandingan dengan agresif. Sebuah percobaan dilakukan oleh Flavio di menit kedua, namun tembakan spekulatif sang gelandang masih melebar.

Bali United tak tinggal diam. Mereka melancarkan serangan balasan, enam menit berselang. Spasojevic mengais peluang dari luar kotak penalti, tetapi upaya striker naturalisasi Indonesia itu berhasil diredam oleh Oscario.

Laskar Tridatu mendapatkan peluang pertamanya ketika laga memasuki menit ke-16. Setelah mengontrol umpan silang dari Fajrin, Spasojevic melepaskan tembakan ke arah gawang, tetapi usaha sang striker tidak disahkan oleh wasit karena ia sudah berada dalam posisi off side.

Bali United semakin percaya diri menggempur tim tuan rumah. Pada menit ke-20 Lilipaly melakukan percobaan dari luar kotak penalti, namun bola hanya menyamping di sisi kiri gawang.

Dua menit berselang, Semen Padang nyaris mengejutkan tim tamu melalui aksi Flavio. Sang gelandang mengirim tembakan kencang dari jarak jauh, namun upayanya masih bisa dikandaskan Hendrawan, yang menepis bola dengan jari tangannya.

Memasuki menit ke-28, tensi pertandingan sempat meninggi ketika para pemain Bali United mengklaim hadiah penalti, menyusul handball yang dilakukan Spasojevic. Meski demikian, wasit memutuskan untuk tetap melanjutkan pertandingan.

Semen Padang, yang membutuhkan poin penuh untuk keluar dari zona degradasi, berusaha membuka skor lewat aksi spekulatif Rifqi di menit ke-42, namun tembakan sang defender melambung di atas mistar gawang.

Semenit kemudian Bali United hampir membuka keran gol. Yabesroni, yang berdiri tak terkawal di tiang jauh, menyambar umpan rekan setimnya melalui sundulan, namun upayanya menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Pada masa injury time, lini belakang Semen Padang sempat digempur habis-habisan oleh tim tamu, namun sejumlah peluang yang didapat Lilipaly cs berhasil dikandaskan Oscario.

Hingga turun minum kedua tim gagal memecah kebuntuan. Skor kacamata pun menghiasi laga babak pertama.

Awal pertandingan babak kedua berjalan menarik. Semen Padang mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Vanderley menerobos ke sisi kanan area penalti, namun umpan tarik sang striker berhasil dihalau Dias sebelum dapat diteruskan Flavio.

Melalui sebuah serangan cepat di menit ke-51, Bali United akhirnya mampu memecah kebuntuan. Spasojevic berhasil menuntaskan umpan lambung dari Yabesroni di tiang jauh. Sundulan kencang sang striker tak mampu diselamatkan Oscario.

Dua menit kemudian, Kabau Sirah mencoba merespons ketertinggalan mereka. Flavio menyambar chest pass dari Vanderley melalui sepakan voli, namun upaya sang gelandang masih bisa ditepis oleh Hendrawan.

Memasuki menit ke-68, pasukan Teco Cugurra meraih kans untuk memperbesar skor lewat aksi Lilipaly. Gelandang serang blasteran Indonesia-Belanda itu mengirim tembakan dari sisi kiri area penalti, namun usahanya masih bisa diredam Oacario.

Semen Padang balas mengancam semenit berselang. Flavio mengais peluang dari luar kotak, tetapi tembakan kencang sang gelandang melambung terlalu tinggi.

Gempuran Kabau Sirah terus berlanjut pada menit ke-71. Karl Max, yang dalam posisi bebas, menyambar umpan silang rekan setimnya melalui tandukan keras, namun bola berhasil ditepis Hendrawan.

Dua menit kemudian tim tuan rumah kembali mendapat kans emas untuk membuka skor, namun sepakan Irsyad sukses dimentahkan Hendrawan.

Karl Max meraih kans bersih keduanya dalam pertandingan ini. Pada menit ke-81, striker Semen Padang itu mengurim tembakan menyusur tanah dari ujung kotak penalti, namun upayanya masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Keasyikan menyerang membuat lini belakang Semen Padang lengah. Bali United pun sukses menambah gol, lima menit sebelum waktu normal berakhir. Adalah Spasojevic yang kembali jadi mimpi buruk Kabau Sirah. Sang striker kali ini sukses menceploskan bola ke gawang Oscario setelah meneruskan umpan tarik dari Sergio.

Hingga laga selesai Bali United sukses mempertahankan keunggulan 2-0. Laskar Trudatu pun resmi mencetak sejarah dengan menjuarai Liga 1 untuk pertama kalinya!

Semen Padang XI: Oscario, Gusmawan, Rifqi, Anwar, Hartono, Flavio, Yoku, Guntara, Irsyad, Mariando, Vanderley.

Bali United XI: Hendrawan, Dias, Gunawan, Fajrin, Pacheco, Nouri, Fadil, Sergio, Spasojevic, Lilipaly, Yabesroni. (*/Mht)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top