Kesehatan

Kadinkes Tanah Datar : Penderita HIV/AIDS Menyebar Hampir di Seluruh Kecamatan

Tanah Datar, Prokabar – Hari AIDS sedunia yang jatuh 1 Desember diperingati secara bersama oleh lembaga terkait yang ada di Tanah Datar dengan melakukam kampanye bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat.

Kadis Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis menyampaikan peringatan Hari AIDS se-Dunia di Tanah Datar sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat sehingga peduli terhadap kesehatan terutama dari penyakit HIV/AIDS.

Masyarakat diminta waspada terhadap penyakit karena penderita HIV/AIDS cukup banyak di Tanah Datar, baik yang baru ataupun yang lama dan menyebar hampir seluruh kecamatan, penderita mulai dari anak-anak, ibu hamil, mahasiswa dan orang dewasa.

“Melalui peringatan ini, kita ingin mengedukasi masyarakat mengenal apa itu HIV/AIDS, penyebab dan bahayanya sehingga masyarakat tidak tertular penyakit yang mematikan ini serta ingin merubah mindset masyarakat tentang cara penularannya, yang perlu diingat jauhi penyakitnya bukan orangnya,” jelas Yesrita.

Menurut Yesrita, HIV/AIDS tidak tertular dengan berjabat tangan, berpelukan, hidup serumah dengan penderita HIV/AIDS, makan bersama, menggunakan jamba dan toilet bersama, berenang ataupun gigitan nyamuk/serangga.

Ia juga menghimbau, masyarakat yang memiliki perilaku resiko tinggi terinfeksi HIV agar tidak malu-malu dan segera memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, sehingga bisa terdeteksi lebih cepat.

“Penularan HIV/AIDS melalui 3 cara yaitu hubungan seks yang tidak terlindungi dengan orang yang terinfeksi HIV, transfusi darah atau menggunakan jarum suntik secara bergantian dan melalui ibu hamil pengidap HIV pada janin yang dikandung atau bayi yang dilahirkan,” tambahnya.

Sementara Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Tanah Datar Adel Wirman Syarif, SE menghimbau masyarakat terutama orang tua, selain mengenalkan penyakit berbahaya ini juga bersama-sama bagaimana membentengi anak-anak dengan agama agar tidak terjerumus kepada perilaku yang menyimpang.

“Saat ini yang menjadi kekhawatiran bersama yaitu semakin maraknya peredaran narkoba, tumbuh kembangnya LGBT dan perilaku seks bebas, kesemua itu rawan terkena HIV/AIDS. Mari kita jaga anak kemenakan secara bersama-sama sehingga masyarakat terlindungi dari berbagai dampak negatif yang bisa merusak masa depan generasi dan bangsa ini,” tutupnya. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top