Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Jokowi – Amin Dilantik Hari Ini, Tagar #MatikanTVSeharian Jadi Trending Topik

Dibaca : 399

Padang, Prokabar — Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 pada Minggu 20 Oktober siang nanti.

Pelantikan akan digelar dalam Sidang Paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sesuai keputusan MPR, sesuai jadwal pelantikan akan dimulai pada pukul 14.30 WIB. Berdasarkan roundown sidang paripurna MPR pada Kamis (17/10) lalu, prosesi penarikan berjalan sekira 80 menit.

Jelang pelantikan, tagar #MatikanTVSeharian jadi trending topik di twitter Indonesia sejak pagi, tagar ini mulai menggema setelah sehari sebelumnya tagar #BesokMatikanTvSeharian juga jadi trending.

Pantauan Prokabar, saat berita ini diturunkan tagar #MatikanTvSeharian sudah diposting sebanyak 2.600an kicauan dan terus bertambah.

Pemilik akun @andris_keman berkicau bahwa hari ini akan menjadi sejarah Bagu dirinya.

“Sejarah menulis tgl 20 Oktober adalah Hari TV saya Rusak#MatikanTvSeharian”, kicaunya.

Sementara itu pemilik akun @liem_id mengomentari pengamanan yang berlebihan saat pelantikan nanti,

“Hari ini, dia dikelilingi oleh pengamanan yang berlebihan. Suatu pengamanan yang menurut saya hanya cocok untuk pemimpin yang bukan negarawan, tapi mereka yang dilantik untuk memegang kekuasaan besar dengan nyali dan mental yang kecil,#MatikanTvSeharian” tulisnya sembari menyertakan link berita.

Menurut jadwal, pelantikan akan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pelantikan oleh MPR diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 42 tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Bab XVII Pasal 161-163.

Berikut bunyi Pasal 161 ayat 1:

“Pasangan Calon terpilih dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat.”

Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya, prosesi dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo. Lalu Ketua MPR membuka Sidang Paripurna MPR.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) oleh pimpinan MPR. Kemudian pengambilan sumpah presiden dan wakil presiden. Pengambilan sumpah ini diatur dalam Pasal 162.

Usai pengambilan sumpah, acara berikutnya adalah penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Momen berikutnya adalah pertukaran tempat duduk wakil presiden, dari Jusuf Kalla ke Ma’aruf Amin. Setelah itu Presiden Jokowi membacakan pidato awal masa jabatan 2029-2024. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top