Daerah

Jelang PORPROV SUMBAR, Sejumlah Venue Masih Pembenahan

Padang Pariaman, Prokabar – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat (PORPROV SUMBAR) Ke XV menggelar rapat persiapan dengan Koni Provinsi Sumatera Barat beserta jajarannya di Aula Sekda, Kantor Bupati Padang Pariaman, Kamis (9/8). Rapat tersebut sekaligus mengevaluasi persiapan yang sudah dilakukan agar pelaksanaan kegiatan 16 hingga 25 November 2018 tersebut dapat berjalan sesuai rencana.

Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur menyebutkan terkait 35 cabang olahraga dari 39 venue lokasi pertandingan,18 venue adalah milik masyarakat dan di sewa, sedangkan 11 venue lainnya tidak sewa. 29 venue tersebut sudah aman untuk pelaksanaan,” kata Suhatri Bur.

Sedangkan 6 venue lainnya sedang dalam pembenahan lanjutnya. Dari enam venue tersebut 2 venue lagi, yakni Lapangan Gor Sungai Sariak dan Lapangan Pacu Kuda belum rampung dan akan direhap dalam anggaran perubahan. “Kami akan sigap melakukan pembenahan dan merehap dua venue tersebut. Karena Gor Sungai Sariak direncanakan sebagai tempat pembukaan PORPROV XV dan Lapangan Pacu Kuda untuk venue Atletik,” tutur Wagub tersebut.

Selain itu, dalam rapat tersebut Wakil Bupati juga mewanti-wanti Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, untuk mempersiapakan data dan jaringan yang memadai, sehingga update data perolehan hasil pertandingan sementara dapat terangkum dengan baik.

Dari sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rahmang memastikan kegiatan PORPROV SUMBAR KE XV ini tidak akan mengganggu proses belajar dan mengajar siswa beserta pendidik. “Sesuai kalender pendidikan pada saat itu, 10 hari yang digunakan PORPROV tersebut siswa sedang mengikuti pengayaan atau terfokus pada kegiatan ekstrakulikuler. Hal tersebut memastikan proses belajar dan mengajar siswa kita tidak terganggu,” kata Rahmang.

Wakil Ketua Dua Koni Sumatera Barat, Fajril Ale mengikuti rapat menuturkan saat ini Padang Pariaman sudah mencapai 60 hingga 70 persen persiapan. “Dan kami sudah melakukan surve ke lapangan dan melihat secara langsung beberapa titik. Penting bagi panitia dan peserta nantinya memperhatikan lokasi venue pertandingan dengan lokasi penginapan,” ungkap Fajril.

Panitia Penyelelenggara lanjutnya, perlu memperhatikan kebutuhan peserta. Baik dari kebutuhan pertandingan maupun kebutuhan segala fasilitas pendukung. Seperti air mandi, tukar pakaian, wc dan sebagainnya.

“Pemondokan kontingen adalah tanggung jawab dan tergantung pada tuan rumah. Utamakan terdekat di lokasi pertandingan. Dan penting juga memiliki MCK dan air yang mengalir tidak berbau,” tutur Waketum 2 Koni Sumbar.

Ia melanjutkan, untuk pertandingan di lapangan terbuka, tempat pengganti pakaian atau kostum peserta harus tersedia. Untuk WC, biasanya, mobil BPBD darurat bisa digunakan. Selain itu, pemondokan untuk juri atau dewan hakim usahakan tempat terdekat. Sama hanya masing-masing peserta cabang olahraga harus terdekat lokasi.

Sementara itu, Ketua Koni Padang Pariaman, Aprinaldi juga selaku panitia pelaksana mengklaim bahwa persiapan PORPROV XV sudah mencapai 85 persen. “Dari 35 kontingen yang akan dilombakan, 30 venue atau lokasi beserta fasilitasnya sudah oke. Sedangkan 5 venue lagi sudah dalam tahap penuntasan,” tutupnya. (rud)

Selain itu lanjutnya, kendala yang dihadapi adanya beberapa cabang olahraga yang belum mempersiapkan diri dalam pelaksanaan ini. Seperti IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) dan PABSI (Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia) yang belum membentuk panitia atau SK Turunan dari setiap cabang olahraga atau cabor.

“Pendaftaran masih-masing atlet yang akan ikut dari 19 kabupaten dan kota se Sumbar melalui online Dragon. Dan masing-masing cabor itu harus ada penanggungjawab melalui Surat Keputusan atau SK Turunan yang dikeluarkan dari Cabor tersebut. Dan saat ini kami masih menunggu data cabor IPSI. Sedangkan PABSI dimungkinkan tidak bisa ikut serta sesuai keputusan dari surat yang telah dikeluarkan Koni Sumbar dan Pemprov Sumbar,” tutupnya. (rud)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top