Bola

Inilah 12 Negara, 12 Kota, dan 12 Stadion Penyelenggara Euro 2020

Padang, Prokabar – Kejuaraan Sepakbola Piala Eropa 2020, atau lebih dikenal dengan UEFA Euro 2020, adalah edisi ke-16 pesta sepakbola benua biru. Uniknya, dalam moment 60 tahun iven ini, UEFA menerapkan format tuan rumah yang jauh berbeda.

Untuk pertama kali turnamen ini tanpa adanya tuan rumah penuh, melainkan akan diadakan di 12 kota di 12 negara Eropa dari 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Selain itu, untuk pertama kalinya, sistem asisten wasit video (video assistant referee, VAR) akan digunakan.

Mantan Presiden UEFA Michel Platini menyatakan bahwa turnamen yang diselenggarakan di beberapa negara, adalah untuk memperingati “ulang tahun” kompetisi Kejuaraan Sepak Bola Eropa yang ke-60.

Wembley Stadium di London mendapat kehormatan akan menyelenggarakan pertandingan babak semifinal dan final. Inggris sendiri pernah menjadi tuan rumah, yakni Euro 1996.

Platini mengatakan, saat beberapa negara mengajukan pencalonan tuan rumah Euro 2020, keputusan tuan rumah bersama itu diputuskan saat konferensi pers yang diadakan pada 30 Juni 2012, sehari sebelum pertandingan final UEFA Euro 2012.

Platini sebagai Presiden UEFA pada saat itu menyimpulkan bahwa daripada diselenggarakan oleh satu negara, Euro 2020 akan disebar di “12 atau 13 kota” di seluruh Eropa.

Pada saat itu, sebagai “test case”, UEFA telah menggunakan sistem yang serupa untuk “Babak Elit” Kejuaraan Sepak Bola Eropa U-17 UEFA, yang pada babak tersebut pertandingan dari masing-masing grup (dari jumlah tujuh grup) diselenggarakan oleh negara yang berbeda.

Namun begitu, pemilihan kota tuan rumah tidak berarti bahwa jatah kualifikasi otomatis diberikan kepada tim nasional dari negara tuan rumah. UEFA beralasan bahwa menyelenggarakan turnamen di seluruh Eropa merupakan keputusan yang logis pada masa krisis finansial di seluruh Eropa.

Berikut 12 Kota di 12 negara yang terpilih menjadi tuan rumah

01. Inggris: Stadion Wembley, London
02. Jerman: Allianz Arena, Munich
03. Italia: Stadion Olimpico, Roma
04. Azerbaijan: Olympic Stadium
05. Rusia: Krestovsky Stadium, St Petersburg
06. Rumania: Arena Nationala, Bucharest
07. Belanda: Johan Cruyff Arena, Amsterdam
08. Irlandia: Aviva Stadium, Dublin
09. Denmark: Parken Stadium, Copenhagen
10. Spanyol: Stadion San Memes, Bilbao
11. Hungaria: Puskas Arena, Budapest
12. Skotlandia: Hampden Park, Glasgow

Penyelenggara Fase Grup
Grup A: Roma (Italia) dan Baku (Azerbaijan)
Grup B: St-Peterburg (Rusia) dan Kopenhagen (Denmark)
Grup C: Amsterdam (Belanda) dan Bukares (Rumania)
Grup D: London (Inggris) dan Glasgow (Skotlandia)
Grup E: Bilbao (Spanyol) dan Dublin (Rep. Irlandia)
Grup F: München (Jerman) dan Budapest (Hongaria)

Babak 16 besar
Kopenhagen (Denmark), Bukares (Rumania), Amsterdam (Belanda), Dublin (Rep. Irlandia), Bilbao (Spanyol), Budapest (Hongaria), Glasgow (Skotlandia), London (Inggris)

Perempatfinal
München (Jerman), Baku (Azerbaijan), St-Petersburg (Rusia), Roma (Italia)

Semifinal dan final
London (Inggris).(mht)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top