Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Solusi Pemkab Pessel Terhadap Lahan Keterbatasan Pasokan Air

Dibaca : 182

Pessel, Prokabar — Petani di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat terutama yang memiliki lahan tadah hujan, kini diminta beralih ke sistem Tanam Benih Langsung (Tabela).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Nuzirwan.

“Sistem Tabela sebagai salah satu solusi mengatasi keterbatasan pasokan air pada lahan sawah tadah hujan. Semoga produksi pangan pokok di Kabupaten Pesisir Selatan dapat ditingkatkan,” kata dia dilansir Prokabar dari MC Pessel, Sabtu (20/6).0

Lebih lanjut disebutkan, di tengah ancaman Pandemi Covid-19, petani dan kelompok tani di Kabupaten Pesisir Selatan nampak termotivasi untuk memanfaatkan lahannya secara optimal untuk tanaman pangan. “Ya, saat ini petani terus mengoptimalkan lahan yang ada untuk ditanami berbagai jenis komoditi pangan seperti padi, jagung dan lainnya,” ungkap Nuzirwan.

Diharapkan melalui kegiatan optimalisasi lahan pertanian di Kabupaten Pesisir Selatan kebutuhan pangan masyarakat di masa Pandemi Covid-19 tercukupi.

Di sisi lain, pihaknya terus melakukan pembinaan dan bimbingan kepada petani dalam pemanfaatan lahan pertanian yang ada. “Kita meminta petani tidak membiarkan lahan pertanian terlantar, karena pemenuhan kebutuhan pangan saat Pandemi Covid-19 sangat penting,” ucap dia.

Dikatakan, sejauh ini petani di Kabupaten Pesisir Selatan antusias menggarap lahan pertanian, sehingga diharapkan ketersedian pasokan pangan masyarakat tetap stabil.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Penyuluh Pertanian Lapangan atas kerja kerasnya mendampingi petani dan kelompok tani. Terima kasih Bupati, atas dukungan untuk kemajuan sektor tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan di Kabupaten Pesisir Selatan. Mudah-mudahan pangan pokok kita tersedia cukup untuk menghadapi kondisi apapun,” kata dia.

Ia menambahkan, sektor pertanian selama ini menjadi basis ekonomi masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan. Hal itu didukung ketersedian lahan pertanian yang cukup luas.

“Dalam hal ini pemerintah daerah melalui perangkat daerah terkait terus melakukan berbagai kegiatan untuk mengoptimalkan sektor pertanian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas dia. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top