Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Plh Gubernur Sumatera Barat

Dibaca : 165

Padang, Prokabar — Masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat 2016-2021 telah berakhir, Jumat, (12/2), terkait hal itu maka digelar serah terima jabatan Gubernur kepada Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Barat, Alwis sebagai Pelaksana harian (Plh) Gubernur Sumbar.

Penunjukan Sekdaprov sebagai Plh Gubernur Sumbar disampaikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, melalui Radiogram nomor 121/672/SJ tertanggal 10 Februari 2021 tentang berakhirnya masa jabatan kepala daerah Provinsi Sumbar.

Serah terima jabatan yang dihadiri Forkopimda, Kepala OPD dan instansi vertikal lainnya ini ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Gubernur, Sekda serta Ketua DPRD selaku saksi.

Plh Gubernur Sumbar Alwis menyampaikan bahwa, penunjukan dirinya sebagai Plh Gubernur ini sudah sesuai dengan ketentuan pasal 131 ayat 4 Peraturan Pemerintah (PP) nomor 49 tahun 2008 tentang Perubahan Ketiga atas PP nomor 6 tahun 2005 tentang pemilihan, pengesahan pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah, bahwa jika terjadi kekosongan kekuasaan, Sekretaris Daerah (Sekda) bertugas sebagai pelaksana harian kepala daerah.

“Pemerintahan tidak boleh kosong. Untuk itu sudah ada aturannya yang menugaskan Sekda sebagai Pelaksana harian sampai dilantiknya kepala daerah baru atau dipilihnya pejabat (Pj) oleh Mendagri,” terang Alwis dilansir Prokabar, Sabtu (13/2).

Alwis juga meminta dukungan semua pihak, khususnya kepada Irwan Prayitno, Nasrul Abit dan Ketua DPRD Sumbar, agar dia bisa menjalankan tugas sebagai Plh Gubernur Sumbar dengan sebaik-baiknya.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, menyampaikan selamat kepada Plh Gubernur dan juga mengucapkan terima kasihnya kepada pasangan Irwan Prayitno dan Nasrul Abit yang telah memberikan contoh teladan kepemimpinan yang baik selama menjabat.

“Meski baru 15 bulan ini bermitra dengan kepala daerah, tapi sejak 2009 saya sudah mengamati dan saya pastikan Irwan Prayitno dan Nasrul Abit, pasangan yang solid. Meskipun latar dan basic partai berbeda, tapi tak pernah jelek menjelekan. Ini luar biasa, marwah daerah terangkat, dan perlu dicontoh. Terima kasih atas keteladanan yang sudah diberikan,” ungkap Supardi. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top