Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Dia Kelurahan Terbaik dan Berprestasi di Padang Tahun 2020

Dibaca : 158

Padang, Prokabar — Seperti biasa tiap tahunnya, Pemerintah Kota Padang tetap menggelar Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Padang Tahun 2020 meski ditengah pandemi Covid-19 yang tengah mewabah.

Dari 104 kelurahan yang ada di Kota Padang, Kelurahan Belakang Tangsi (Kecamatan Padang Barat) keluar sebagai Terbaik I dalam ajang penilaian kelurahan berprestasi tahun 2020 tersebut. Sementara Terbaik II diraih Kelurahan Cupak Tangah (Kecamatan Pauh) dan disusul Terbaik III Kelurahan Rawang (Kecamatan Padang Selatan).

Penyerahan hadiah bagi ketiga kelurahan berprestasi berupa sertifikat, trophy dan uang itu pun diberikan oleh Wali Kota Padang Mahyeldi kepada masing-masing Lurah terkait di Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Minggu (6/12).

Wako Mahyeldi menyampaikan, sebagaimana diketahui, ajang lomba kelurahan berprestasi merupakan salah satu upaya dari Pemko Padang guna memacu dan memicu peningkatan kinerja kelurahan se-Kota Padang. Di samping itu sekaligus untuk melihat dan menilai terhadap penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan yang dilakukan di tingkat kelurahan.

“Tujuan penilaian lomba kelurahan berprestasi ini tentu adalah untuk melihat kinerja setiap kelurahan. Mana kelurahan yang betul-betul melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya secara baik atau pun sebaliknya. Sehingga nanti akan ada ‘reward’ dan ‘punishment’,” sebut wako.

“Tentu harapan kita, dengan adanya lomba penilaian kelurahan berprestasi ini dapat memberikan semangat bagi setiap kelurahan di Kota Padang. Mungkin ada yang belum maksimal kinerjanya sejauh ini akan dievaluasi,” tambahnya.

Mahyeldi juga menekankan, seperti pada saat ini setiap kelurahan memiliki ‘PR’ khususnya dalam melakukan penanganan terhadap penyebaran Covid-19. Dimana wabah Covid-19 masih menjadi momok menakutkan yang harus ditangani secara baik.

“Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan selamat bagi 3 kelurahan terbaik pada lomba kelurahan berprestasi tahun 2020 ini. Bagi kelurahan terbaik I tentu kita akan persiapkan karena ama mewakili Kota Padang untuk ikut lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021. Kita berharap, Kelurahan Belakang Tangsi bisa melaju ke tingkat nasional dan menjadi terbaik di Indonesia. Semoga kita dapat mempertahankan tradisi selama ini, yaitu sudah sering menjadi kelurahan terbaik di tingkat nasional,” harap Mahyeldi bersemangat.

Sementara itu Lurah Belakang Tangsi, Diko Riva Utama, SSTP sewaktu ditemui mengaku bersyukur karena kelurahan yang ia pimpin sukses menjadi terbaik I pada lomba kelurahan berprestasi tingkat Kota Padang tahun 2020.

“Alhamdulillah, prestasi ini mampu kita raih berkat sinergi dan kerja keras semua pihak. Baik para aparatur kelurahan, warga dan semua elemen di Kelurahan Belakang Tangsi. Semoga kita mampu mempertahankan prestasi ini ke depan, dan insya Allah kita juga akan mempersiapkan diri untuk mewakili Kota Padang pada lomba kelurahan berprestasi tingkat provinsi nantinya,” ungkap alumnus IPDN itu optimis. (rel)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top