Nasional

Ini Dia Bahasan Forum Merdeka Barat (FMB9) Bahas Tentang Membangun Karakter dan Mental Indonesia

Foto Beb - FMB9 bahasan Membangun Karakter dan Mental Indonesia

JakartaProkabar – Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan meyakinkan masyarakat tahapan pembangunan berikutnya di tahun 2019. Yaitu memperkuat infrastruktur, konektivitas, dan pelayanan dasar.

Kini lndonesia memasuki tahapan investasi di bidang sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran. Termasuk di dalamnya mengokohkan kebudayaan dan karakter bangsa sebagai fondasi dalam persaiangan antarbangsa di era Revolusi industri 4.0.

“Artinya, nilai-nilai yang kita miliki ini akan menentukan bangsa ini bisa berkompetisi, bisa bersaing dengan negara lain atau tidak. Baik yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya, baik yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter yang kita miliki, nilai-nilai budi pekerti yang kita miliki,” ujar Jokowi.

Sebagaimana Inpres No. 12/2016, Kemenko PMK telah menetapkan lima program gerakan revolusi mental. Yakni, Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Budaya Kemenko PMK Nyoman Shuida, di Jakarta, Kamis (14/3).

Foto Beb – Suasana diskusi FMB9 dan awak media

Dalam Forum Merdeka Barat (FMB9) di kantor KSP di Jakarta, Nyoman menegaskan semua gerakan sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Sebagai contoh, gerakan Indonesia Melayani di bidang pelayanan publik yang dikoordinasikan Kementerian PANRB. Program ini berhasil mengintegrasikan pelayanan daerah dan pusat dalam satu lokasi yang dekat dengan pusat kegiatan ekonomi masyarakat. “Salah satu bentuknya adalah pembentukan Mal Pelayanan Publik,” jelas Nyoman.

Sementara itu dalam Program Indonesia Mandiri, capaiannya antara lain mempermudah akses ekonomi lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditandai dengan penurunan suku bunga dari 9 persen (2017) menjadi 7 persen di 2018. Sementara itu upaya pemasyarakatan kewirausahaan kaum muda mencakup 9.000 orang. “Pemerintah juga memberikan bantuan modal awal bagi wirausaha pemula sebanyak 3.156,” tambahnya lagi.

Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk “Membangun Karakter dan Mental Indonesia” dipandu Deputi KSP Yanuar Nugroho. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Utama, Kantor Staf Presiden, Gedung Bina Graha.

Turut hadir sebagai narasumber dalam forum tersebut, yaitu Deputi IV Kemenpora Chandra Bhakti, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid, dan Staf Ahli Mensos Bidang Aksebilitas Mardjuki. (beb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top