Trending | News | Daerah | Covid-19

Lifestyle

Ini Cara Yovie Widianto Tanamkan Minat Baca pada Anak

Dibaca : 2.7K

Jakarta, Prokabar – Musisi satu ini rupanya punya cara tersendiri menanamkan minat baca buku pada dua anaknya. Ditengah kemajuan teknologi buku elektronik, Yovie lebih setuju bila Muhammad Arsy Widianto dan Nadhira Tiara membaca buku fisik.

Alasan pentolan grup Kahitna memilih buku fisik karena lebih pada seni membaca. “Pada dasarnya kalau saya merasakan romantisme membaca buku itu beda dengan baca buku di gadget. Seninya saat membuka buku, baunya khas. Perjuangan membeli buku dari rumah ke toko buku, mengumpulkan uang itu seninya,” beber Yovie.

Dari ucapannya itu, pria asal Bandung, Jawa Barat ini lebih menghargai buku dan menempatkannya pada tempat khusus. “Proses itu membuat menjadi lebih menarik, romantisme kita makin menghargai buku jadi sebuah karya, disemlan baik-baik. Itu jadi satu hal yang penuh seni,” aku pria kelahiran 21 Januari 1968 ini.

Lalu bagaimana Yovie menanamkan minta baca pada kedua putranya? “Ketika dia ulangtahun atau apa, hadiahnya selalu buku. Sesuai dengan minatnya, seperti otomotif dan musik kita berikan,” ungkapnya.

Kebiasaan Yovie dan anak-anaknya membeli buku jadi rutinitas setiap kali mereka bepergian. Semua koleksi buku-buku tersimpan rapi di perpustakaan  “Di rumah ada semacam library. Banyak buru dari berbagai tahun dan genre. Saya susun sesuai genre antara fiksi, musik dan umum,” sebutnya.

Meski gemar membaca buku, Yovie tak menjadikan buku sebagai inspirasi untuk bermusik. Ia pun selalu membaca puisi, prosa atau karya sastra tak lebih dua kali membacanya. Alasannya tak lain bisa mempengaruhi karyanya sebagai pencipta lagu.

“Sebagai kreator, bahaya jika karya orang lain terlalu mengindikasi kita. Sehingga baunya agak kurang original. Saya senang baca buku tapi nggak saya masukan sebagai referensi yang tunggal,” pungkas Yoviem. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top