Lifestyle

Ini Cara PT Sarinah Lestarikan Budaya Ngopi

Foto : IST

Jakarta, Prokabar —Selain kaya rempah-rempah, Indonesia juga kaya dengan beragam jenis kopi, yang bahkan beberapa di antaranya sudah mendunia. Keragaman varitas kopi Indonesia juga merefleksikan keragaman budaya dari Sabang ke Merauke, dari kopi Gayo hingga kopi Papua.

Dengan banyaknya varitas kopi itu, menjadikan Indonesia memiliki budaya Ngopi yang udah mendarah daging, bahkan hingga ke pelosok-pelosok daerah.

Dalam rangka melestarikan budaya Ngopi tersebut, PT Sarinah (Persero) dan Nusantara Kreatif sebagai Kurator UKM Indonesia dari perseroan menggelar acara event yang bertema “Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus)”.

Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari menyatakan event ini menerapkan pola to see-do-buy yang mencakup aktivitas talkshow, workshop dan trade activity.

Pada event yang baru pertama kali ini diadakan bertepatan dalam rangkaian kegiatan dari ulang tahun perseroan ke-57 tahun dan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 tahun.

“Pelibatan dari pemerhati, penikmat kopi dari segala kalangan strata/usia dan juga pelaku industri kopi menjadi sajian atraksi yang menarik dimana saat ini trend industri kopi sangat diminati dari segala ragam kalangan dan usia di Indonesia khususnya Jakarta dan sekitarnya,” kata Lies dalam Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus) di Gedung Sarinah Jakarta, Sabtu (10/8) dilansir dari Infopublik.

Ditambahkannya, pada event ini juga disajikan info atau data berkaitan dengan asal usul dari kopi beras yang diolah menjadi ragam olahan kopi seduh yang tentunya erat kaitannya dengan sosial serta kultur budaya dari daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia.

Begitu juga cara penyeduhan sajian Kopi Indonesia yang sering dikenal dengan kopi tubruk yaitu cara menyajikan seduhan kopi olahan khas Indonesia yang paling sering dipergunakan dalam memberikan penilaian jujur terhadap rasa kopi.

Cara tubruk atau menyeduh biji kopi tersangrai secara langsung merupakan cara yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Selain terlihat mudah, cepat, juga tentunya praktis. Selain itu, metode kopi tubruk ini juga merupakan cara terbaik merasakan keaslian cita rasa kopi yang diseduh.

“Kami juga akan merangkul new comers menjadi semacam satu lembaga atau yayasan yang teridir dari komunitas yang concern di kopi, komunitas pecinta kopi, mitra kami dan sebagainya. Sebenarnya dalam bulan Agustus ini kami memang ada program aktivasi di upper ground toko kami yang sudah direjuvenate. Jadi setiap Sabtu Minggu ada event di sini, dan akan kami review juga untuk jumat ada event. Ya tentu harapannya ada dampak dari sisi bisnis retail kami,” kata dia.

Liew menuturkan, event Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus) juga menghadirkan teknik penyajian seduhan kopi kekinian (cold brew, cappuccino, latte, dll) sesuai selera penikmat kopi (coffee as you like). Kopi indonesia termasuk dalam kategori “ The best coffee comes from the best growing climate known as : the bean belt”.

“Daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia terbentang dari sumatera sampai dengan papua yang tentunya masing-masing daerah penghasil komoditi kopi memiliki kekhasan dari kualitas kopi beras (greenbean coffee). Ada Kopi Aceh, Toraja, Bali, Mandailing, dan Kopi Nusantara lainnya,” tambah dia. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top