Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Ingin Studi Wisata Ke DPR RI? Begini Mekanismenya

Dibaca : 3.0K

Jakarta, Prokabar — Para generasi penerus bangsa bisa mulai belajar mengetahui fungsi dan tugas lembaga legislatif dalam penyelenggaraan roda pemerintahan. Caranya dengan mengunjungi Gedung legislatif dan melihat langsung bagaimana peran lembaga strategis ini ketika menjalankan tugasnya demi rakyat.

Masyarakat, khususnya generasi muda jangan takut datang langsung ke sini, karena anggota legislatif atau yang kerap dikenal anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) adalah representatif rakyat. Maka dari itu, mulai saat ini DPR bisa dimasukkan ke dalam tempat kunjungan belajar oleh anak bangsa dari berbagai jenjang pendidikan.

Dilansir dari website resmi DPR, Rabu (22/8), DPR akan menyambut hangat masyarakat yang datang langsung ke DPR untuk mengetahui kinerja DPR secara langsung. Lembaga ini sangat terbuka dengan antusiasme masyarakat jika berniat datang melihat langsung bagaimana para wakil rakyat menjalankan tugasnya.

Persyaratan untuk mengunjungi lembaga ini tidak begitu sulit, cukup mengirimkan surat permohonan kunjungan studi, dengan rincian sebagai berikut yakni

1. Ditujukan kepada: Sekretaris Jenderal DPR RI.

2. Perihal: Permohonan Kunjungan Studi

3. dicantumkan: (a) hari, tanggal kunjungan; (b) jumlah kunjungan; (c) nomor hp/contact person yang bisa dihubungi; (d) nomor fax atau email untuk dikirimkan surat balasan kunjungan

4. surat ber-kop sekolah/instansi(yang akan berkunjung ke DPR).

Begitu pemohon mengirimkan surat di atas ke email ke bag_humas@dpr.go.id atau fax ke Nomor . Kemudian pihak DPR akan segera menindak lanjuti permintaan pemohon.

Pihak DPR akan menentukan hari kunjungan yang hanya boleh dilakukan pada Senin hingga Kamis dan waktu kunjungan pukul 09.00-12.00 WIB. Peserta kunjungan pun dibatasi sampai 200 orang, karena keterbatasan tempat.

Bagian Humas Sekretariat Jendral DPR RI adalah bagian yang diberi tugas untuk menerima kunjungan masyarakat untuk tujuan studi wisat, dan masyarakat yang ingin mengambil foto kenangan di Gedung DPR akan diterima oleh Humas Sub Bagian Penerangan.

Dalam kunjungan ini masyarakat mengunjungi tiga tempat ruang Operation Room, Gedung Nusantara, dan akan diberi penjelasan mengenai mekanisme kerja DPR oleh narasumber. Selesai dilanjutkan ke Museum DPR RI dan dijelaskan tentang Sejarah DPR RI dari mulai berdirinya legislatif hingga saat ini.

Terakhir menungunjungi ruang sidang paripurna yang menjadi tempat berbagai perundangan disahkan menjadi Undang-Undang (UU). Selama berada dilingkungan DPR pun masyarakat akan dijelaskan berbagai makna ornamen yang banyak terdapat dilingkungan DPR.

Masyarakat yang biasanya datang untuk melakukan studi wisata ini berasal dari sekolah SD, SMP, SMA, sampai Mahasiswa. Tak hanya dari generasi penerus bangsa masyarakat dari dan instansi lain seperti kelompok karang taruna diterima dengam tangan terbuka oleh DPR.

Keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Bagian Humas Sekretariat Jenderal DPR RI, Gedung Nusantara III Lantai 1 ½, Kompleks Gedung DPR/MPR/DPD. Alamat Jl.Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat 10270, Telp. atau, Fax.(021) 5715925, dan Email: bag_humas@dpr.go.id (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top