Daerah

Bulan Ini, Ujian Kesetaraan Di Padang Dimulai

Dibaca : 3.4K

Padang, Prokabar — Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan atau UNPK di kota Padang akan mulai dilaksanakan pada bulan April ini. Kepala Dinas Pendidikan Padang, Barlius mengatakan ujian kesetaraan tahun ini tersedia 1.855 kuota yang terdiri dari 688 paket B dan 1167 paket C (32 paket C IPA dan 1135 paket C IPS).

“Untuk ujian kesetaraan Paket C dimulai sekitar tanggal 12 April, sedangkan untuk paket B di penghujung bulan Mei.” ungkapnya, Senin (1/4).

Lebih lanjut dirinya menambahkan, untuk ujian kesetaraan dilakukan hanya satu kali setahun. “Saat ini hanya sekali setahun, dulu pernah dua kali. Dan ujian kesetaraan berbasis komputer, dilaksanakan di sekolah-sekolah,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, ujian kesetaraan ink merupakan salah satu upaya Pemko Padang dalam mengatasi masalah pendidikan. “Jadi masyarakat yang ingin mengikuti ujian bisa daftar ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang tersebar di kota Padang, nanti disana akan dipersiapakan sebelum mengikuti ujian,” sambungnya.

Saat ini, ada 42 PKBM yang ada di kota Padang dan sebagian dikelola masyarakat, melalui sanggar kegiatan belajar (SKB) yang dikembangkan oleh masyarakat.

“ Ini menjadi jalan alternatif belajar bagi anak putus sekolah. PKBM yang dibuat pemerintah gratis bagi masyarakat. Tapi yang dikelola masyarakat ada yang berbayar melihat kemampuan dan kondisinya,” jelasnya. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top