Trending | News | Daerah | Covid-19

Bola

Bom Biologis! Sumber Terbesar Persebaran Corona di Prancis dan Italia Ternyata Bernama Sepakbola

Dibaca : 152

Lyon, Prokabar – Sepakbola ternyata memegang peran penting menyebarkan virus Covid-19 di dua negara Eropa, Prancis dan Italia. Laga Olympique Lyon kontra Juventus di Liga Champions punya peran besar dalam persebaran virus Corona di Prancis.

Hal tersebut berdasarkan laporan terbaru dari media Prancis, L’Equipe, dan mengatakan bahwa laga tersebut merupakan “match-zero” alias awal mula persebaran di sana. “Partai pertama babak 16 besar pada 26 Februari dan banyaknya suporter Italia mungkin menjadi pusat persebaran Covid-19 di Kota Sungai Rhone,” tulis L’Equipe.

Laga yang dimenangi Lyon 1-0 tersebut digelar di Parc Olympique Lyonnais, Decines-Charpieu, dengan 57.335 penonton hadir di stadion. Mantan petugas medis dan kini jadi ketua perkumpulan lokal, Marcel Garrigou-Grandchamp, juga mendukung teori ini.

Ia juga mengatakan tim seperti Juventus pasti membawa banyak fan, tak hanya dari Turin tetapi dari seluruh Italia ke Lyon. “Laga itu harusnya tak digelar, ada banyak fan yang hadir dari Italia tak hanya dari Piedmont atau Turin,” ujar Garrigou-Grandchamp.

Selain laga ini, laporan lain dari media Prancis Le Parisien juga menyoroti hal serupa soal laga Paris Saint-Germain (PSG) kontra Borussia Dortmund pada 11 Maret lalu. Meski digelar tanpa penonton, tetap banyak orang yang hadir di luar stadion serta bersama-sama pemain merayakan lolosnya PSG ke babak delapan besar. Sampai Sabtu (4/4/2020) pagi WIB, Prancis memiliki 82.165 kasus positif Corona dan 6.507 orang meninggal dunia

Di luar Prancis, laga Atalanta kontra Valencia di San Siro kabarnya jadi salah satu kegiatan yang jadi pusat persebaran virus Corona di Italia. Bahkan dikatakan sebagai sumber terbesar penyebaran virus Corona di Italia.

Laga tersebut dihelat di San Siro, Milan, yang termasuk dalam region Lombardy, pusat persebaran Corona di Italia. Valencia kemudian mengumumkan pada 16 Maret lalu bahwa 35 persen skuad mereka positif terpapar Corona.

Bergamo, tempat Atalanta berasal, merupakan kota paling parah di Italia soal positif Corona sampai saat ini. Kini, Walikota Bergamo Giorgio Gori mengatakan bahwa laga tersebut seperti “bom biologis”.

“Saat itu kami tak tahu apa yang terjadi. Jika virus saat itu sudah menyebar, 40ribu fan yang hadir ke San Siro kemungkinan terinfeksi,” kata Gori, dilansir Skor.id dari Marca.

“Tak ada yang tahu virus sudah tersirkulasi di antara kami, banyak yang menonton secara rombongan dan banyak terjadi kontak. Virus menjalar dari satu orang ke orang lain.”

Sampai hari Sabtu (4/4) pagi WIB, Italia masih jadi yang terparah di Eropa dengan kasus positif Corona mencapai 119.827 orang. Dari jumlah tersebut, 14.681 orang meninggal yang membuat Italia memegang rekor jumlah kematian akibat virus Corona, atau lebih dari empat kali lipat korban di Cina yang menjadi sumber pandemi ini.(*/mht)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top