Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Bersinergi dengan Pemnag, KAN Nagari Aia Manggih Wakili Pasaman Dalam Lomba Kelembagaan

Dibaca : 66

Pasaman, Prokabar — Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping, hebat. Apa saja kebijakan atau program kerja pemerintahan nagari, KAN diikutsertakan.

Hasilnya, KAN Nagari Aia Manggih mewakili Kabupaten Pasaman dalam lomba Lembaga KAN terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020.

Staf Ahli Bupati, Yasri Uripsyah mengatakan, KAN harus tetap dijaga dan ditingkatkan peranannya sebagai institusi yang mampu memotifasi dan mendinamisasikan gerak dari segala aspek kehidupan masyarakat. Ini terwujud dan mantap di Nagari Aia Manggih.

“KAN merupakan lembaga yang mempunyai peran penting dalam pembangunan nagari dengan melibatkan masyarakat banyak dengan tradisi gotong royong. KAN tidak hanya berperan dalam pembangunan, tetapi dalam tatanan kehidupan masyarakat di nagari seperti penyelesaian sengketa ‘sako jo pusako, dalam acara resepsi nikah kawin, bahkan pada saat masyarakat berduka seperti kematian pun peran niniak mamak sangat dibutuhkan. Begitu juga dengan keadaan pandemi covid-19 yang perlu dukingan secara moril kepada masyarakatnya agar tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga diri sendiri dan keluarga.

“Untuk itu, mari kita memberdayakan KAN yang ada di Pasaman, karena KAN adalah wadah yang kuat peranannya bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan visi pemerintah kabupaten pasaman,” pintanya.

Wali Nagari Aia Manggih, Abdi Yusran mengatakan bahwa, KAN memang sangat berperan nyata dalam pembangunan Nagari Aia Manggih. “Dalam merumuskan pembangunan nagari kami melibatkan berbagai unsur di nagari termasuk KAN, karena tanpa persetujuan KAN pembangunan nagari tidak dapat terlaksana. Alhamdulillah, hubungan KAN dengan pemerintahan nagari dan unsur lainnya di nagari ini berjalan dengan baik,” katanya.

Tim konsolidasi Adat Sumbar, Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo mewakili Ketua Tim penilaian Provinsi Sumatera Barat mengucapkan terima kasih kepada bupati dan undangan lainnya yang telah menyambut kedatangan rombongan provinsi dengan sangat meriah.

“Kedatangan tim dan rombongan ke Nagari Aia Manggih ini selain melakukan penilaian kepada KAN, tetapi juga dalam rangka pembinaan dan pengembangan pokok pikiran untuk balik ke nagari dan beradat,” ujar Yulizal.

Dia mengatakan, kegiatan ini bukan hanya sekedar penilaian untuk lomba saja, ini kepentingan bersama, tidak hanya menilai tetapi bentuk penguatan pemberdayaan masyarakat dan penguatan kelembagaan adat serta motivasi bagi pemangku adat dalam melaksanakan tugasnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top