Trending | News | Daerah | Covid-19

Kesehatan

Atasi Penyebaran Covid-19, RSUD M. Zein Painan Siapkan Tiga Ruang Isolasi dan Puluhan Dokter

Dibaca : 183

Pesisir Selatan, Prokabar – Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, telah menyiapkan tiga ruangan isolasi dan 30 orang dokter untuk pasien ODP dan PDP.

Direktur RSUD M. Zein Painan, Sutarman mengatakan, tiga ruang isolasi itu diperuntukan bagi pasien ODP dan PDP. Pasien yang memiliki gejala demam, batuk, dan sesak napas, akan menjalani perawatan sementara di ruang isolasi yang telah disediakan.

Pasien yang memiliki gejala juga akan diepriksa riwayatnya, pernah pergi ke daerah rawan atau interaksi ODP dan PDP. “Sudah bisa. Jadi pasien ODP dan PDP akan diamankan di ruang isolasi, “ujar pada prokabar.com Kamis (26/3) di Painan.

Adapun penentuan positif atau tidak, kata Sutarman, RSUD M. Zein tidak memiliki kapasitas untuk menentukannya. RSUD M. Zein hanya menerima pasien ODP dan PDP, apabila tidak tertangani maka nantinya dirujuk ke M. Djamil Padang.

“Batas waktu pasien diisolasi itu relatif. Kalau kondisi stabil, membaik, kita bisa pulangkan. Kalau kondisinya memburuk, kita rujuk ke M. Djamil, “ungkapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan 30 orang dokter untuk melakukan penanganan kepada pasien yang ODP dan PDP.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para petugas medis. Saat ini terdapat 250 unit APD yang tersedia. Stok itu dianggap masih belum memadai, namun pihaknya telah meminta bantuan kepada Pemprov Sumbar.

Berdasarkan update data oleh Pemkab Pessel, penanganan penyebaran Covid-19, di ‘Negeri Berjuluk Sejuta Pesona’ ini, pada Senin 23 Maret 2020, PDP menjadi tiga orang dan berstatus ODP menjadi 11 orang, kemudian notifikasi menjadi 147 orang.

Sebelumnya, apabila dibandingkan warga yang berstatus PDP hanya satu orang, dan yang berstatus ODP 6 orang, kemudian yang berstatus notifikasi berjumlah 130 orang.

“Dari update data pencegahan penyebaran Covid-19, kian hari bertambah, “ujar Kabag Humas dan Protokoler Setda Pesisir, Rinaldi Dasar pada Prokabar.com Rabu (25/3). Kemarin.

Hingga kini, tiga orang yang berstatus PDP sudah mendapatkan perawatan secara intensif di RSUP M.Djamil Padang dan satu diantaranya masih di rawat di RSUD M.Zein Painan, “jelasnya.

Sementara, 11 orang yang berstatus ODP itu, mereka yang datang dari daerah yang terjangkit seprti, dari Malaysia, Jakarta, Lampung, Bali dan juga ada yang dari Pekan Baru Provinsi Riau,(min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top