Bola

Ajaib, Liverpool Lolos Ke Final Liga Champion

Divock Origi cetak gol cepat ke gawang Barcelona. (Reuters/Carl Recine)

Padang, Prokabar — Laga leg kedua semifinal Liga Champions mempertemukan Liverpool menjamu Barcelona di Stadion Anfield berjalan dramatis. Bagaimana tidak, Liverpool membutuhkan keajaiban untuk lolos ke final setelah sebelumnya mereka kalah 3-0 pada leg pertama di Camp Nou.

Laga yang awalnya diperkirakan akan timpang terlebih karena Juergen Klopp tak bisa menurunkan dua ujung tombak andalannya Mohamed Salah dan Roberto Firmino karena cidera.

Namun, bermain lepas tanpa beban menjadi kunci bagi The Reds untuk meraih kemenangan. Liverpool berhasil menggilas Barcelona dengan empat gol tanpa balas.

Keputusan sang manajer Liverpool memainkan Divock Origi sejak awal pertandingan terbilang jitu. Pasalnya, pemain asal Belgia itu sukses memborong dua gol bersama Georgino Wijnaldum.

Liverpool yang bermain spartan di sejak menit awal berhasil mencetak gol cepat, tepatnya di menit ke-7, lewat sontekan Origi.

Tertinggal satu gol, memacu pemain Barcelona untuk tampil lebih menyerang. Sedikitnya tiga peluang emas tercipta dari kaki Lionel Messi, Philippe Coutinho, dan Jordi Alba. Tapi, semua peluang itu bisa digagalkan kiper Alisson Becker yang tampil fantastis.

Memasuki babak kedua Liverpool nyaris memperlebar keunggulan melalui Virgil van Dick di menit ke-50. Memanfaatkan umpan sepak pojok, Van Dijk menyambar bola dengan tumit namun mampu diblok Marc Andre ter Stegen.

Gelandang Liverpool Georgino Wijnaldum berhasil membuat syok Barcelona lewat dua golnya di menit ke-54 dan 56. Masing-masing gol Wijnaldum tercipta lewat tembakan kaki kanan dan sundulan.

Messi memiliki peluang untuk memperkecil skor di menit ke-58 setelah berhasil menerima umpan Ivan Rakitic di kotak penalti. Namun, penampilan brilian Alisson lagi-lagi menggagalkan upaya Messi.

Petaka bagi Barcelona terjadi di menit ke-79 setelah Origi berhasil menyambar umpan sepak pojok Trent Alexander-Arnold. Para pemain belakang Barca tertipu dengan umpan sepak pojok Trent yang dilepaskan secara tiba-tiba.

Barcelona harus pulang dengan kepala tertunduk usai wasit meniup peluit panjang dengan hasil akhir 4-0 untuk kemenangan Liverpool. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top