Nasional

ACT Kirim 20 Truk Bantuan Logistik Untuk Lombok

Jakarta, Prokabar — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melepas 20 truk bantuan logistik untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pelepasan bantuan dilakukan secara langsung oleh Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Presiden ACT, Ahyudin, di Balaikota Jakarta, Minggu (19/9).

Anies menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ACT atas aksi yang benar-benar nyata, cepat, dan tanggap dalam merespons penderitaan masyarakat di Lombok.

“Saya sampaikan juga terima kasih kepada warga Jakarta, yang secara fisik jaraknya jauh tapi secara hati dekat. Ini tak kalah pentingnya dari persoalan politik, ini adalah bagian dari persoalan solidaritas bangsa. Kita semua bisa bantu doa dari Jakarta, tapi yang jauh lebih penting juga bantuan yang nyata langsung,” terangnya.

Pengumpulan bantuan logistik dari masyarakat ini terhitung sejak hari pertama terjadi musibah gempa pada 5 Agustus 2018. Sebanyak 20 truk yang mengangkut sekitar 212 ton logistik ini lantas berangkat menuju Lombok, dalam waktu tempuh perjalanan sekitar tiga hari.

Logistik yang diangkut terdiri dari berbagai macam kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan pengungsi. Di antaranya, tenda, selimut, penjernih air, makanan, susu dan lainnya.

Sementara itu, Presiden ACT Ahyudin turut memberikan apresiasi atas tingginya dukungan Pemprov DKI Jakarta terhadap aksi-aksi kemanusiaan.

“Kami apresiasi Gubernur DKI Jakarta sebagai relawan, faktualnya. Ada peran Gubernur Anies menggerakkan partisipasi warga DKI Jakarta,” ungkapnya.

Ia juga berharap, ikhtiar ini akan menginspirasi seluruh lapisan masyarakat untuk saling menolong. “Sebelum bantuan ini sampai ke Lombok, mudah-mudahan doa kita sudah sampai terlebih dahulu untuk pengungsi di Lombok,” tutur Ahyudin.

Hadir dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi DKI Jakarta Catur Lasmanto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Darjamuni, Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau, Wakil Wali Kota Jakarta Barat Mohammad Zein.

Kemudian,  Kepala BPBD Jupan Royter Tampubolon, Plt Walikota Jakarta Pusat, perwakilan Sekretaris Kota Administrasi yang mewakili Kota Administratif, Sekretaris Kabupaten Kepulauan Seribu, Perwakilan BAZIS DKI, Sekretaris Korpri, Wakil Kepala Dinas Perhubungan, Kasatpol PP, Kepala Biro KDH, Kepala Biro Tata Pemerintahan, dan Kepala Biro Umum. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top