Kesehatan

Mengenal Radiologi, Pemeriksaan Medis untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh


“radiologi merupakan pemeriksaan untuk mendiagnosis dan menunjang prosedur medis bagi pasien”

Alat Radiologi

Dibaca : 442

 

Padang, Prokabar– Radiologi mungkin masih cukup awam terdengar bagi masyarakat, namun di dalam kesehatan, radiologi memiliki fungsi yang cukup penting untuk mengetahui kondisi kesehatan dalam tubuh seseorang.

Kepala Ruangan Radiologi di Semen Padang Hospital (SPH) Lissa Amalia.K, A. Md Rad mengungkapkan, pemeriksaan radiologi merupakan pemeriksaan untuk mendiagnosis dan menunjang prosedur medis bagi pasien. Pemeriksaan ini dapat membantu dokter untuk melihat bagian dalam tubuh pasien terkait gangguan kesehatan yang dialami.

Kepala Ruangan Radiologi di Semen Padang Hospital ( SPH ) Lissa Amalia.K, A. Md Rad

“Selain mendeteksi penyakit, pemeriksaan radiologi berguna untuk menentukan penyebab penyakit, mengetahui respons tubuh seseorang terhadap pengobatan yang sedang dijalani, dan memeriksa adanya penyakit lain,” ujar Radiografer SPH yang kerap disapa Lissa ini.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat diketahui melalui pemeriksaan radiologi seperti Kanker, Tumor, Penyakit jantung, Stroke, Kelainan paru-paru, Gangguan pada tulang dan sendi, Gangguan pada pembuluh darah, Gangguan pada fungsi hati dan ginjal, Gangguan pada kelenjar tiroid dan kelenjar getah bening, Gangguan pada saluran pencernaan dan Gangguan pada saluran reproduksi.

Ia menjelaskan, bidang radiologi berkaitan dengan banyak bidang lain dalam kedokteran, sehingga kemungkinan besar jika seseorang memerlukan pemeriksaan radiologi setelah ia mendapatkan rekomendasi /dirujuk /adanya surat pengantar untuk tindakan radiologi dari dokter pengirimnya. Dokter yang melakukan rujukan itu merupakan dokter utama yang membutuhkan hasil tes radiologi dalam penanganan kondisi pasien tersebut.

“Pemeriksaan radiologi dilakukan dengan menggunakan sejumlah media, seperti sinar-X, medan magnet, gelombang suara, dan cairan radioaktif,” ujar Lissa yang merupakan lulusan Diploma Radiodiagnostik dan Radioterapi disalah satu Universitas kesehatan ternama di Kota Padang ini.

Halaman : 1 2 3

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top