Daerah

SAKIP Pasaman Dapat Nilai CC, Masyarakat Semakin Pesimis

Dibaca : 789

Pasaman, Prokabar — Kabupaten Pasaman mendapat nilai cc alias cukup baik atau memadai dan perlu banyak perbaikan yang tidak mendasar atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Nilai ini diagung-agungkan dan Pemkab Pasaman optimis bakal mendapat nikai B di tahun ini. Untuk itu, kineja 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pasaman, bakal digenjot kata Asisten I bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Pasaman, Dalisman baru-baru ini.

Tetapi, atas nilai CC ini, Pemkab Pasaman menjadi bahan gunjingan di media sosial hingga warung kopi. Masyarakat pesimis, sebab kinerja Pemkab Pasaman terus menerus merosot. Seperti pemberitaan sebelum-sebelumnya.

“APBD dari Rp1 triliun rahun 2016, kini kurang dari Rp900 miliar. Penyebabnya jelas, serapan anggaran rendah. Tentunya jatah (pemerintah Pasaman) kita dikurangi pusat. Belum lagi dana DAK dan dana-dana lainnya yang berkurang. Bahkan sampai tidak dapat lagi, seperti dana penanggulangan pasca bencana dari BNPB,” kata Marlan, salah satu persiunan ASN Pasaman tahun 2016, Minggu (3/2).

Sebelumnya, ada 12 OPD yang harus digenjot kinerjanya, kata Dalisman. yakni Bappeda, Inspektorat, Dinas PUTR, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan. Berikutnya, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pertanian, DPMPTSP, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta RSUD. Sementara dua OPD lagi, yakni Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja serta Dinas Koperasi dan UKM perlu dirubah total. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top