Kesehatan

Dies Natalis ke-63, Kedokteran Unand Gelar Pengobatan Gratis di Seribu Rumah Gadang

Dibaca : 420

Padang, Prokabar – Dalam rangka dies natalis ke-63 serta pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi, sekitar 500 orang dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas akan mengunjungi kawasan Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan.

“Selama berada di kawasan Saribu Rumah Gadang kami melakukan berbagai kegiatan seperti penelitian, pengabdian masyarakat dan sosialisasi civitas akademika fakultas kedokteran selama tiga hari mulai Selasa (28/8) hingga Kamis (30/8)”, kata Dekan Fakultas Kedokteran Unand Wirsman Arif Harahap, Jumat (24/8).

Sebanyak 500 orang dari fakultas kedokteran terdiri dari mahasiswa, dosen serta dokter karena akan dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis serta pengobatan.

“Dokter yang kami bawa nantinya lebih dari 100 orang. Mereka akan memeriksa dan memberikan pengobatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan bagi mahasiswa yang akan diikutsertakan diharapkan dapat berinteraksi dengan masyarakat di sekitar.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan masyarakat, pemeriksaan dini penyakit tidak menular, deteksi dini kelainan tulang belakang terhadap siswa sekolah dasar, khitanan masal serta tindakan operasi bagi penderita katarak dan bibir sumbing.

“Operasi katarak dan bibir sumbing akan dilaksanakan di rumah sakit Unand,” ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini didukung oleh pemerintah setempat sehingga bisa berjalan lancar dan sukses.

“Yang terpenting masyarakat merasakan dampak dari kegiatan ini sehingga bermanfaat,” ujarnya.

Terkait pemilihan kawasan Saribu Rumah Gadang yang dipilih, jelasnya karena lokasi ini sekarang sudah menjadi ikon pariwisata Sumbar.

Asisten II bidang Ekonomi Pembangunan Epli Rahmat mengatakan, akan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh fakultas kedokteran Unand.

“Kami juga akan mempersiapkan penyambutannya dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan,” ujarnya.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Harri Trisna, kepala Bagian Humas Firdaus Firman dan Kepala Bagian Umum Richi Amran. (*/mbb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top