Bola

Sejarah Piala Dunia; Jerman 2006, Italia Juara Setelah Materazzi Ditanduk Zidane


Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia edisi ke-18, yang digelar pada 9 Juni hingga 9 Juli 2006 dan diikuti sebanyak 32 negara dari lima konfederasi. Jerman terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006, setelah mengalahkan tiga kandidat lain dalam pemungutan suara Komite Eksekutif FIFA pada 7 Juli 2000.

Italia, Juara Piala Dunia 2006 di Jerman (reuters)

Dibaca : 1.7K

Padang, prokabar – Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia edisi ke-18, yang digelar pada 9 Juni hingga 9 Juli 2006 dan diikuti sebanyak 32 negara dari lima konfederasi. Jerman terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006, setelah mengalahkan tiga kandidat lain dalam pemungutan suara Komite Eksekutif FIFA pada 7 Juli 2000.

Awalnya terpilihnya Jerman menjadi tuan rumah menundang kontroversi, karena diperkirakan negara dari Afrika yang seharusnya menjadi tuan rumah. Namun, FIFA kemudian menyatakan akan melakukan rotasi tuan rumah Piala Dunia di antara para anggota konfederasi.

Jerman yang menjadi tuan rumah, tentu menjadi salah satu kandidat kuat juara pada Piala Dunia 2006.

Apalagi pada edisi empat tahun sebelumnya Die Mannschaft menjadi runner-up, setelah dikalahkan Brasil di laga final.

Jerman semakin diunggulkan, setelah menyapu bersih pertandingan di Grup A dengan meraih sembilan poin.

Pada babak 16 besar Jerman mengalahkan Swedia 2-0, diikuti kemenangan adu penalti 4-2 melawan Argentina, setelah bermain imbang 1-1.

Namun, langkah Jemran terhenti di babak semifinal, kala ditekuk Italia 0-2 melalui babak perpanjangan waktu. Jerman harus puas duduk di peringkat ketiga, setelah mengalahkan Portugal 3-1.

Sedangkan Italia menjadi juara pada Piala Dunia 2006, setelah mengalahkan Prancis di laga final, melalui adu penalti dengan skor 5-3.

Italia memang tampil apik sepanjang laga, seusai menjadi juara Grup A, mereka mengalahkan Australia (1-0) di 16 besar dan Ukraina (3-0) di perempat final.

Jerman yang menghadang di semifinal, dan Prancis di laga puncak, tak mampu menahan laju Italia.

Laga final antara Italia vs Prancis diwarnai kejadian kontroversial antara Zinedine Zidane dengan Marco Matterazi. Heboh tandukan Zidane kepada Materazzi, seperti mengalahkan gebyar Italia yang merebut mahkota.

Namun, seusai turnamen, Zinedine Zidane mendapat gelar pemain terbaik, sedangkan pemain muda terbaik disabet Lukas Podolski.

Pada edisi kali ini ada tujuh negara debutan yang didominasi dari Afrika (4). Mereka adalah Angola, Ghana, Pantai Gading, Togo, Republik Ceko, Ukraina Trinidad dan Tobago

Halaman : 1 2 3 4 5 6

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top