Bola

Profil Tim Grup F Piala Dunia: Kanada, Kembali Setelah 36 Tahun Absen


Timnas Kanada merupakan salah satu peserta Piala Dunia 2022. Negara wakil Zona Amerika Tengah dan Utara (Concacaf) ini, kembali berpartisipasi di Puala Dunia setelah 36 tahun absen

Canada's players pose for a team photo prior to a qualifying soccer match against Honduras for the FIFA World Cup Qatar 2022 in San Pedro Sula, Honduras, Thursday, Jan. 27, 2022. (AP Photo/Delmer Martinez)

Dibaca : 555

Padang, prokabar – Timnas Kanada merupakan salah satu peserta Piala Dunia 2022. Negara wakil Zona Amerika Tengah dan Utara (Concacaf) ini, kembali berpartisipasi di Puala Dunia setelah 36 tahun absen

Bagi tim asuhan John Herdman ini merupakan penampilan kedua mereka di perhelatan sepak bola terbesar di dunia. Sepanjang sejarah, tim berjuluk Les Rouges ini hanya sekali bermain di turnamen empat tahunan tersebut, yaitu pada 1986 saat Meksiko menjadi tuan rumah.

Saat itu Kanada berada di Grup C, tak pernah memenangi tiga pertandingan dan finis di posisi terbawah grup, yang diisi Uni Soviet, Prancis, dan Hungaria, dengan nirpoin.

Lalu setelah 36 tahun penantian, Kanada akhirnya melaju ke Qatar setelah mendapatkan satu tiket sebagai wakil zona CONCACAF.

Les Rouges Akan bersaing dengan Belgia, Maroko, dan Kroasia untuk lolos ke fase gugur. Namun Kanada harus melakoni pertandingan berat di laga pembuka, melawan Belgia pada 23 November. Setelah itu mereka jumpa Kroasia dan Maroko secara berurutan.

Penampilan Kanada di Piala Dunia 2022 Qatar juga bisa dijadikan sebagai ‘pemanasan’ sebelum menjadi tuan rumah Bersama Amerika Serikat di edisi berikutnya.

Perjalanan Kanada ke Piala Dunia 2022
Kanada menyegel tiket ke Qatar sebagai satu dari tiga tim Amerika Tengah yang lolos otomatis, selain Meksiko dan Amerika Serikat.

Les Rouges sebenarnya tidak mengawali putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONCACAF dengan gemilang. Mereka menelan empat kali seri dan sekali menang di lima pertandingan perdana.

Kanada ditahan Honduras dan Amerika Serikat, sebelum menundukkan El Savador pada matchday ketiga, namun kemudian kembali hanya meraup dua poin di dua laga berikutnya, versus Meksiko dan Jamaika.

Jatuh bangun Kanada berlanjut hingga Sembilan pertandingan berikutnya. Namun secara mengejutkan the Reds sukses memuncaki klasemen akhir kualifikasi sehingga berhak lolos ke Qatar.

Kanada finis dengan mengumpulkan 28 poin, setelah meraih delapan kemenangan dan empat kali seri. Mereka unggul selisih gol atas Meksiko di tempat kedua, sementara Amerika Serikat berada di posisi tiga dengan terpaut tiga poin.

Halaman : 1 2 3

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top