Bola

Sejarah Piala Dunia: Korea-Jepang 2002, Panggung Ronaldo dan Brasil


Piala Dunia 2022 adalah kali pertama Asia mendapat jatah jadi tuan rumah turnamen bergengsi itu, yang digelar Korea Selatan dan Jepang sebagai tuan rumah bersama. Timnas Brasil keluar sebagai juara untuk kelima kalinya dan kegemilangan Ronaldo Nazario di sepanjang turnamen, membuat Piala Dunia ini seperti pentas yang memang disediakan untuknya bersama Brasil.

Brasil juara Piala Dunia 2002 (reuters)

Dibaca : 1.2K

Padang, prokabar – Piala Dunia 2022 adalah kali pertama Asia mendapat jatah jadi tuan rumah turnamen bergengsi itu, yang digelar Korea Selatan dan Jepang sebagai tuan rumah bersama.

Timnas Brasil keluar sebagai juara untuk kelima kalinya dan kegemilangan Ronaldo Nazario di sepanjang turnamen, membuat Piala Dunia ini seperti pentas yang memang disediakan untuknya bersama Brasil.

Ini adalah Piala Dunia perdana yang diadakan di Asia dan untuk pertama kalinya digelar di dua negara berbeda. Itu digelar di Korea Selatan dan Jepang pada tanggal 31 Mei hingga 30 Juni 2002.

Brasil jumpa Jerman di partai final dalam partai final impian. Kedua negara terbilang memiliki Bkualitas yang setara, namun yang membedakan adalah Ronaldo Nazario, yang mencetak dua gol dalam partai puncak tersebut.

Diikuti oleh 32 negara, ini merupakan edisi ke-17 dari Piala Dunia. Tercipta banyak kejutan juga dalam pementasannya di tahun ini.

Jalannya Piala Dunia 2002

Senegal vs Prancis
Sejumlah kejutan sudah terjadi di babak grup. Timnas Prancis misalnya, yang berstatus sebagai juara bertahan namun sudah gugur di babak grup dengan menjadi juru kunci Grup A. Zinedine Zidane dan kolega kala itu kalah saing dari Denmark, Senegal, dan Uruguay.

Timnas Argentina juga secara mengejutkan gugur di babak grup. Mereka mengumpulkan empat poin dari tiga laga, namun finis ketiga di bawah Swedia dan Inggris yang masing-masing mengumpulkan lima poin di Grup F.

Di babak gugur, kejutan langsung tercipta ketika Timnas Italia yang bertabur bintang disingkirkan oleh tuan rumah Korea Selatan. Banyak hal kontroversial yang tercipta di sepanjang laga sebelum akhirnya Italia menyerah dengan skor 1-2.

Kejutan Korea Selatan berlanjut hingga semifinal setelah mengalahkan Spanyol di babak perempatfinal, pun dibumbui oleh berbagai situasi kontroversial di sepanjang laga. Kali ini, tim Negeri Ginseng tersebut menang lewat adu penalti.

Namun, kejutan tim asuhan Guus Hiddink tersebut terhenti di tangan Jerman. Sebuah gol dari Michael Ballack pada menit ke-75 membuat Der Panzer – julukan Timnas Jerman – melenggang ke partai final.

Halaman : 1 2 3 4 5

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top