Bola

Sejarah Piala Dunia; Uruguay 1930, Tuan Rumah Rajai Edisi Perdana


Piala Dunia 1930 menjadi edisi pertama turnamen akbar tersebut yang digelar di Uruguay. Tuan rumah langsung menjadi juara edisi pertama setelah menundukkan Argentina di laga final.

Final, Piala Dunia 1930, di Montevideo, Uruguay, (Photo by Popperfoto/Getty Images)

Dibaca : 863

Prolog
Menyambut gelaran Piala Dunia 2022, yang  tinggal dua bulan lagi digelar,  bolabeten.com (Group prokabar.com) akan menyajikan kilas balik ajang Piala Dunia yang dimulai dari edisi perdana tahun 1930, sampai edisi terakhir di Rusia 2018.

Dirangkum dari berbagai sumber, diharapkan sajian ini bisa memperkaya referensi dan menyegarkan memori tentang sejarah Piala Dunia, yang sampai saat ini masih diakui sebagai iven olahraga terhebat, terheboh, dan paling dinanti di planet ini. Bahkan gebyarnya jauh meninggalkan ajang multi iven seperti Olimpiade sekalipun.

Selamat menikmati

…………….

Padang, prokabar – Piala Dunia 1930 menjadi edisi pertama turnamen akbar tersebut yang digelar di Uruguay. Tuan rumah langsung menjadi juara edisi pertama setelah menundukkan Argentina di laga final.

Piala Dunia 1930 menjadi turnamen sepak bola putra antarnegara pertama yang digelar oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Piala Dunia 1930 digelar di Uruguay, pada tanggal 13 Juli hingga 30 Juli 1930, yang diikuti 13 negara dari tiga konfederasi.

Pada gelaran Piala Dunia 1930 tak ada babak kualifikasi, semua negara anggota FIFA diundang, dan diberi deadline jawaban hingga 28 Februari 1930.

Namun, banyak negara Eropa yang berhalangan hadir karena biaya mahal dan lamanya perjalanan ke Uruguay. Bahkan hingga dua bulan sebelum turnamen tak ada negara Eropa yang berpartisipasi.

Namun, campur tangan presiden FIFA, Jules Rimet, membuat empat negara Eropa, yaitu Prancis, Yugoslavia, Belgia, dan Rumania bisa mengikuti ajang tersebut.

Uruguay yang menjadi tuan rumah mampu menjuarai Piala Dunia edisi pertama ini dengan mengalahkan Argentina 4-2 di final.

Venue Pertandingan
Sebelum ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 1930, uruguay bersaing dengan beberapa negara dari Eropa yang ikut mengajukan diri.

Nergara dari Eropa yang mengajukan diri adalah Italia, Swedia, Belanda, Spanyol, dan Hungaria.

Namun, negara-negara dari Eropa tersebut akhirnya menarik diri dan membuat Uruguay menjadi negara paling siap untuk menggelar Piala Dunia.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top