Daerah

Belum Dimulai, TV Digital Telah Mendapatkan Hati di Tengah Masyarakat

Zainil

Dibaca : 494

Padang, Prokabar – Migrasi siaran televisi analog menuju digital mulai direspon masyarakat Kota Padang Sumatera barat. Seiring peralihan itu, saat ini masyarakat sudah mulai membeli set top box (STB) untuk mengakses siaran televisi digital.

Zainil atau yang akrab disapa inyiak dirinya baru saja membeli set top box seharga Rp150 ribu rupiah dan ditambah 35 ribu rupiah untuk pembelian kabel penyambungnya. Hal ini ditujukan agar televisi di rumahnya bisa menerima siaran digital.

“Urang sabalah rumah ambo lah banyak nan mamakai TV digital, gambar e labih rancak dan suaro e labih janiah (tetangga saya sudah banyak yang pakai TV digital. Gambarnya lebih jernih dan full HD),” kata Zainil dengan bahasa Kuranji-nya.

Zainil juga menambahkan, meski STB baru beberapa hari terpasang, namun banyak perubahan dari siaran televisi yang ia tonton. Beberapa siaran yang sebelumnya tidak bersih dan suara tak jernih, namun sejak memakai TV digital beberapa siaran televisi yang telah bermigrasi ke TV digital tidak lagi jelek kwalitas gambarnya,

Sementara karyawan Toko Sentral Elektronik yang ada dikawasan Pasar Raya Padang, Ardian mengatakan sejak dua bulan terakhir mulai ramai pembelian STB. Selain STB, penjualan televisi digital juga meningkat.

“Mulai bulan-bulan ini banyak yang beli. Ada yang beli STB saja, ada pula yang lengkap STB, TV dan antenanya,” jelas Ardian.

Ardian menyebut harga STB beragam sesuai merk dan kualitasnya. Rata-rata, harga satu buah STB dibandrol mulai dari Rp150 ribu sampai Rp300 ribu.

Menurut pria bertubuh gempal ini kualitas siaran televisi digital jauh lebih baik dibanding analog. Pada televisi digital, semua siaran berkualitas full HD dan tak ada buram sama sekali.

Sebelumnya Ketua KPID Sumatera Barat Dasrul, SS, M.Si mengatakan dirinya bersama 6 komisioner lainnya terus mensosialisasikan TV digital tersebut ke daerah-daerah di Sumatera Barat.

Dirinya juga akui juga telah membangun komunikasi dengan bupati dan walikota di Sumbar agar migrasi TV digital pada tahap satu yang akan dimulai pada 30 April esok bisa direalisasikan dengan baik.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top