Kesehatan

Seberapa Penting Hewan Peliharaan Jalani Tindakan Sterilisasi

Dibaca : 1.1K

Jakarta, Prokabar – Terlepas dari pro kontra tindakan sterilisasi pada hewan peliharaan, ternyata banyak manfaatnya yaitu mengontrol populasi.

Menurut Tika Lina Putri, dokter hewan yang bertugas di Petlove Center di Jalan Falatehan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, selain menekan populasi, tindakan sterilisasi ini mencegah penurunan penyakit genetik yang mematikan.

“Jika pemilik tidak ada niatan hewan peliharaannya dikawinkan, lebih baik di steril. Karena bisa menghindari jenis penyakit seperti infeksi dan tumor pada rahim. Juga mencegah penyakit genetik agar tidak diturunkan kepada anaknya,” jelas Drh Tika.

Hewan betina disterilisasi dengan cara pengangkatan ovarium dan uterusnya. Sedangkan pada hewan laki-laki, disebut pula dengan kastrasi, tindakan ini dilakukan dengan operasi pengangkatan testis.

Berbeda dari anggapan awam, operasi ini tidak berbahaya karena dilakukan di bawah pengaruh bius. Apalagi tindakan ini dilakukan oleh tenaga medis terlatih seperti dokter hewan.

“Ketentuan dari tindakan sterilisasi ini, hewan dalam keadaan sehat. Disarankan sudah di vaksinasi dan cukup umur,” tambahnya menjelaskan.

Biaya steril hewan seperti kucing bergantung kepada jenis kelamin, umumnya biaya steril kucing betina lebih mahal daripada kucing jantan. Biaya steril kucing juga bergantung pada ras dan tempat di mana dilakukan sterilisasi.

“Segi biaya terbilang murah dibandingkan dengan resiko penyakit yang diderita hewan tersebut,” pungkas Drh Tika Lina Putri. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top